Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ID: INVADED Review


Judul
ID: INVADED
Genre : 
Sci-Fi, Mystery, Police, Psychological
Episode
13 Episodes
Studio
NAZ
Tanggal Rilis
06 Januari 2020 ( Winter 2020 )
Durasi
24 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song  - “Mister Fixer” by Sou
Ending Song  1 - “Other Side” by Miyavi
Ending Song 2 – “UP” by Miyavi

A. Plot

ID: INVADED menceritakan tentang seorang mantan polisi bernama Narihisago Akihito, yang berperan sebagai “detektif cerdas”. Narihisago bertugas untuk menemukan dalang dari setiap kasus pembunuhan yang terjadi dengan menggunakan alat bernama Mizuhanome. Mizuhanome berfungsi sebagai alat yang dapat melakukan reka adegan ulang di tempat kejadian pada saat pembunuhan sedang berlangsung. Ketika menggunakan Mizuhanome, detektif akan selalu menemukan seorang mayat gadis yang terbunuh sebagai petunjuk dalam menemukan pembunuh yang dicari.

ID: INVADED adalah salah satu anime yang membuat penonton harus tetap fokus dalam mengikuti setiap pembicaraan yang dilakukan antar karakter agar dapat memahami jalan cerita yang sedang terjadi. Narasi demi narasi akan terus dilontarkan dalam proses pemecahan kasus yang sedang diselidiki. Walaupun anime ini sangat banyak melakukan narasi antar karakter, namun tidak menimbulkan rasa bosan ketika menontonya. Malahan penonton akan semakin penasaran dan ikut berusaha berpikir dalam menebak pelaku pembunuhan yang terjadi.
ID: INVADED memang manyajikan plot yang sangat menarik, cara dalam memecahkan kasus pembunuhan yang inovatif dengan memanfaatkan alat super-canggih. Walaupun memiliki plot yang menarik, ada beberapa bagian yang tiba-tiba saja terjadi tanpa ada penjelasan yang begitu jelas. Ketidak-jelasan ini akan membuat penonton bingung dan bertanya-tanya “apa yang sebenarnya terjadi ?”

Nilai Plot : 8.0

B. Grafis dan Animasi






Pada bagian grafis, anime ini sudah bagus. Baik dari detail background yang digambar maupun dengan pencahayaan yang diperlihatkan. Sudah sangat baik dan halus. Animasi pada anime ini juga sudah baik. Tidak ada animasi yang terlihat kaku, semuanya terlihat halus dan detail. Namun, ada beberapa episode, entah kenapa terdapat detail grafis yang terlihat kurang detail dalam penggambaran tiap karakter. Walaupun demikian, hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi kenyamanan dalam menonton anime ini.

Nilai Grafis dan Animasi :           8.0

C. Casts

Narihisago Akihito


Karakter utama anime ini yang merupakan mantan polisi dan “berprofesi” sebagai “detektif cerdas”. Selain IQ-nya yang diatas rata-rata alasan lain Narihisago menjadi “detektif cerdas” adalah karena dia pernah membunuh seseorang.


Momoki Funetarou


Teman baik Narihisago selama masih menjabat sebagai polisi. Momoki berperan sebagai ketua/direktur yang bertanggung jawab dalam memimpin operasi yang berlangsung menggunakan alat Mizuhanome.


Hondoumachi Koharu


Hondoumachi adalah anggota kepolisian yang bertugas untuk membantu atasannya, Matsuoka Kokuryuu dalam melacak lokasi persembunyian pembunuh.


Matsuoka Kokuryuu


Atasan Houdoumachi dalam bertugas. Matsuoka adalah polisi yang  juga bertugas untuk melacak dan menyergap secara langsung pelaku pembunuhan.


Tougou Sarina


Tougou Sarina adalah wakil ketua/ asisten direktur dari Momoki dalam melakukan operasi dengan alat Mizuhanome.


Fukuda Tomatsu


Fukuda Tomatsu adalah salah satu pembunuh yang memiliki julukan “si pelubang”. Aksi pembunuhan yang dilakukannya adalah melubangi kepala korban menggunakan bor.


Kaeru / Asukai Kiki


Gadis yang selalu muncul sebagai korban terbunuh ketika “detektif cerdas” menggunakan alat Mizuhanome. Cara Kaeru terbunuh adalah petunjuk yang diberikan kepada detektif dalam menemukan pembunuh yang sedang dicari.

D. Kesimpulan

ID: INVADED memperlihatkan aksi detektif dalam menemukan pembunuh dengan cara yang unik dan inovatif serta hi-tech. Tidak seperti film-film detektif pada umumnya, hal-hal yang terasa baru ini menimbulkan kesan yang tidak diduga tetapi asyik untuk ditonton. Setiap episode yang di-pertontonkan selalu menghadirkan kasus yang sepertinya tidak masuk akal, namun setelah ditonton per episode, penonton akan dibuat semakin penasaran dan tidak sabar untuk menonton kelanjutan dari episode tersebut.

Nilai Final : 8.0

Post a Comment for "ID: INVADED Review"