Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lapis Re:LiGHTs Review

Tiara datang ke kota Mamkestell, untuk menempuh pendidikan pada akademi sihir perempuan Flora. Dalam akademi tersebut, setiap individu wajib bertindak dalam satu di tim. Tiara ditunjuk oleh kepala sekolah untuk bergabung kedalam tim teman masa kecilnya, Rosetta, namun sayangnya ternyata tim tersebut terancam untuk dikeluarkan karena memiliki score yang minus.

Judul :
Lapis Re:LiGHTs
Genre :
Music, Magic, Fantasy
Episode :
12 Episodes
Studio :
Yokohama Animation Lab
Tanggal Rilis :
0
4 Juli 2020 ( Summer 2020 )
Durasi :
2
4 Menit per episode
Soundtrack
:
Opening Song 1 - “Watashitachi no STARTRAIL” by Lapis Re:LiGHTs Stars
Ending Song 1 - “Planetarium” by LiGHTs


Pembuka dan Alur Cerita

Membahas tentang Lapis Re:LiGHTs, mungkin banyak yang sudah mengetahui pada anime ini membahas mengenai idol. Banyak pula yang memutuskan untuk tidak mengikuti anime ini karena sudah bosan dengan beragam anime idol, begitu pula yang dirasa oleh penulis pada awalnya.

Namun meskipun mengandung unsur idol, ternyata Lapis Re:LiGHTs justru terasa sangat berbeda. Salah satu penyebabnya ialah anime ini mengusung pembahasan mengenai sihir, yang justru berimbang dengan cerita idol di dalamnya.

Dalam grup tokoh utama anime ini, pada awalnya sangat jarang disinggung mengenai rencana untuk masuk dalam dunia idol. Baru pada sekitar episode kedelapan dan sembilan grup Tiara akan mengambil peran dalam pertunjukan idol yang dinamai dengan “olquestra”, itupun setelah kedua episode tersebut, grup tokoh utama keluar dari topik idol, dan hingga episode akhir baru tim Tiara mulai berkecipung pada olquestra kembali.

Namun diakibatkan unsur akademi sihir dan kegiatan sihir yang kuat tersebutlah yang membuat anime ini sangat menarik, berbeda dengan dunia idol lainnya yang terlalu fokus pada perkembangan menjadi idol yang justru sudah mulai membuat orang jenuh.

Tidak lupa pula pada anime ini disusupi oleh unsur komedi yang memuaskan bagi penulis pula.

Nilai Alur : 10.0

 

Kualitas Animasi

Ketika mendengar studio yang menangani anime Lapis Re:LiGHTs ini, pasti banyak yang merasa asing. Studio Yokohama Animation Lab yang menangani anime satu memang masih terbilang “baru”, berdasarkan informasi yang penulis dapatkan dari situs jurnal otaku, studio satu ini sebelumnya hanya menangani anime singkat dengan durasi 4 menit saja.

Namun bukan berarti kualitas animasi dari Lapis Re:LiGHTs buruk. Justru ketika pertama kali mengetahui fakta bahwa studio anime satu ini masih “baru”, penulis sangat terkejut. Tidak lain penyebabnya adalah kualitas yang disajikan sudah terasa seperti studio professional.





Baik dari latar yang terasa dibuat dengan sepenuh hati, penggambaran karakter yang terasa pas dengan cerita anime ini, hingga transisi dari 2D menjadi 3D pada saat pertunjukkan idolnya. Tidak ketinggalan kehebatan pembuat anime ini dalam menekankan “fetish” di anime Lapis Re:LiGHTs sangat hebat pula.

(~ ̄)

Nilai Animasi : 10.0

 

5 Karakter Pilihan

Tiara


Sebagai tokoh utama, wajar Tiara menjadi top 5 karakter dalam anime ini. Karakter Tiara digambarkan sebagai karakter yang sangat bersemangat, meskipun ditempatkan pada grup yang hampir dikeluarkan dari akademi, ia tetap berjuang. Well… wajar mengingat bagaimanapun Tiara merupakan putri kedua dari sebuah kerajaan. Meski demikian, ada kalanya Tiara bersifat manja dan sedikit kekanakan dan menambah poin kemanisan Tiara pula.


Garnet


Garnet berasal dari grup IV Klore yang semua anggotanya terdiri dari ajin (ajin adalah makhluk ghoib, dalam pengertian di anime ini). Garnet pada awalnya merupakan orang yang “kesepian” dan berusaha keras untuk mendapatkan teman. Namun usahanya tentu saja selalu gagal karena identitas asli Garnet adalah hantu gentayangan, meskipun ia tidak menyadarinya.


Maryberry


Maryberry berasal dari grup sugar pockets. Ia memiliki karakter yang pemalu, namun cukup jenius dalam bidang membuat penemuan. Alasan Maryberry masuk dalam top 5 karakter yang dipilih penulis tentu saja karena ia sangat waifuable.

Ψ(∇´)ψ


Alpha


Alpha berasal dari grup IV Klore pula, sama dengan Garnet. Dan tentu saja Alpha merupakan ajin juga. Ia memiliki karakter yang cool namun seringkali melakukan tsukomi yang menghibur penontonnya, misalnya tidak jarang ia berusaha mengungkapkan kepada Garnet, bahwa Garnet sebenarnya adalah hantu yang gentayangan.


Angelica


Angelica berasal dari grup Sadistic Candy. Ia memiliki keahlian dalam sihir penyembuhan. Angelica memiliki karakter tomboy dan masuk dalam kategori siswi bermasalah karena sering bolos mengikuti kelas. Meski demikian, pada masa lalu Angelica memiliki sifat dan penampilan yang sangat berbeda. Ia adalah Angers dari grup Ray yang legendaris.

 

Point Menarik dan Akhir Kata

Lapis Re:LiGHTs meskipun jarang terdengar dan dibahas oleh kalangan anime lovers, anime satu ini justru sangatlah menarik dan disayangkan apabila dilewatkan. Dalam anime ini kalian akan menemukan banyak karakter yang waifuable hingga beragam lagu yang nikmat untuk didengar.

Lapis Re:LiGHTs dapat masuk dalam kategori “Hidden Gems”, karena sangat underrated, yang kemungkinan disebabkan banyaknya orang sudah kehilangan minat pada anime idol. Apabila dicari pembahasan anime satu ini dalam beragam website, tidak jarang pula yang memberikan nilai bahkan hampir sempurna pula, misalnya pada website jurnal otaku.

Nilai Final : 10.0

1 comment for "Lapis Re:LiGHTs Review"

  1. Semangat min, terus review dan nilai lebih banyak anime lagi apa lagi yang lagi trending topic di fp ig atau twitter drama

    ReplyDelete