Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JoJo no Kimyou na Bouken Part 3: Stardust Crusaders Review

Judul :
JoJo’s Bizarre Adventure Part 3: Stardust Crusaders
Genre :
Action, Adventure, Drama, Shounen, Supernatural
Episode :
48 Episodes
Studio :
David Production
Tanggal Rilis :
05 April 2014 ( Fall 2014 ) & 10 Januari 2015 ( Winter 2015 )
Durasi :
24 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song 1 - “STAND PROUD” by Jin Hashimoto     
Opening Song 2 - “JoJo – Sono Chi no Kioku” by JOSTARS TOMMY, Coda, JIN
Ending Song 1 - “Stardust Crusaders” by Yugo Kanno
Ending Song 2 - “Walk Like an Egyptian” by The Bangles
Ending Song 3 - “Last Trian Hope” by Pat Metheny Group
Ending Song 4 - “Aku Yaku Kyousoukyoku Oingo to Boingo” by Makoto Yasumura and Motoko Kumai
Ending Song 5 - “Aku Yaku Kyousoukyoku Hol Horse to Boingo” by Hidenobu Kiuchi and Motoko Kumai


A. Plot

50 tahun berlalu setelah event di Part 2 (Season 1), Joseph Joestar berkunjung ke Jepang untuk menemui putrinya, Holly Kuujou. Holly memberitahu Joseph kalau anaknya Joutaro Kuujou tidak ingin keluar dari penjara (padahal Joutarou gak melakukan kejahatan apapun, LoL) dan meminta bantuan Joseph untuk mengeluarkan Joutarou yang juga merupakan cucunya.

Alasan Joutarou tidak ingin keluar dari penjara karena merasa dirinya sedang “dirasuki oleh roh jahat” yang dapat melukai orang lain di sekitarnya. Joseph yang menemui Joutarou di penjara memberitahu Joutarou kalau “roh jahat” itu disebut dengan STAND. Joseph ditemani seseorang yang dapat menggunakan STAND bernama Mohammed Avdol untuk meyakinkan Joutarou kalau STAND bukanlah “roh jahat” melainkan perwujudan dari energi bertarung seseorang. Joseph sendiri juga memiliki STAND bernama Hermit Purple.

Akibat dari bangkitnya kekuatan STAND, Holly yang merupakan keturunan dari Joestar juga memiliki STAND. Namun sayangnya Holly tidak memiliki fisik yang kuat, sehingga STAND yang bangkit di dalam dirinya malah melukai dan menyerap energi kehidupan Holly yang dapat berakibat pada kematian. Untuk menghentikan hal tersebut, Joseph dan Joutarou melakukan perjalanan ke Mesir untuk menghentikan pusat dari kutukan dan menghilangkan kekuatan STAND yang ada di dalam diri Holly dengan menghancurkan tubuh Jonathan Joestar yang telah dicuri oleh KONO DIO BRANDO. Akibat dari kekuatan jahat KONO DIO dan tubuh Jonathan yang dicuri berdampak pada keturunan Joestar yang menyebabkan Holly menderita.

Jujur ini, dari plotnya aja udah bagus, seru, dan gregetan. Ketika saya nonton Part 3 ini, setiap episodenya gak kerasa udah selesai. Tiap episode dibuat sangat baik, penuh tanya tanya, menegangkan dan EPIC. Padahal Season 1 (Part 1 & Part 2) sudah bagus, tapi Part 3 ini jauh lebih bagus dan plot cerita berkembang dari yang dulunya menggunakan Hamon (energi pernapasan), pada Part 3 ini menggunakan STAND yang jauh lebih EPIC dan menarik.

Nilai Plot : 9.0


B. Grafis dan Animasi









Pada bagian grafis dan animasi terdapat peningkatan yang sangat signifikan dari Season 1. Semua art dan detail ditingkatkan sehingga desain karakter iconic ala JoJo juga dapat terlihat lebih bagus dan elegan. Mungkin desain karakter seperti ini satu-satunya yang paling iconic dalam anime. Benar benar bagus! Untuk animasi juga dibuat lebih detail dan IMPACT-NYA sangat terasa dan lumayan halus, tidak kaku sama sekali.

Nilai Grafis dan Animasi : 9.0


C. Casts

Joseph Joestar & Hermit Purple STAND


Setelah Time-skip 50 tahun, Joseph Joestar yang sudah menjadi seorang kakek dan memiliki seorang cucu, diberkahi dengan kekuatan STAND bernama Hermit Purple. STAND berbentuk sulur berwarna ungu yang memiliki kekuatan untuk melacak sesuatu menggunakan kamera ataupun TV untuk menampilkan lokasi yang sedang dilacak. Bisa dibilang Hermit Purple merupakan STAND terlemah karena tidak dapat digunakan untuk menyerang musuh.

 

Jotarou Kuujou & Star Platinum STAND


Joutarou adalah karakter utama dalam Part 3. Cucu dari Joseph dan anak dari Holly ini memiliki STAND bernama Star Platinum. Star Platinum adalah STAND yang paling kuat diantara STAND lainnya. Kekuatan serangan dan kecepatan serangan dari Star Platinum merupakan yang tercepat dan terkuat.


Noriaki Kakyouin & Hierophant Green STAND


Kakyouin adalah teman sekolah dari Joutarou. Kakyouin memiliki STAND bernama Hierophant Green yang dapat menembakan peluru emerald yang dapat menyebabkan luka fatal apabila terkena peluru emerald yang ditembakkan. Selain dapat menembakkan peluru emerald, Hierophant Green juga dapat mengendalikan manusia dengan masuk ke dalam tubuh orang tersebut dan kemampuan lainnya adalah dapat mendeteksi lokasi di sekitar dengan memanjangkan sulur-sulur yang ada di tubuhnya.


Jean-Pierre Polnareff & Silver Chariot STAND


Polnareff adalah pria berkebangsaan Prancis yang ikut dalam perjalanan Joseph dkk ke Mesir dengan alasan ingin menemukan orang yang telah memperkosa dan membunuh adiknya. STAND yang dimiliki Polnareff bernama Silver Chariot, yang berbentuk seperti seorang ksatria dengan pedang. Silver Chariot hanya dapat menyerang menggunakan pedangnya, apabila pedangnya patah atau rusak, maka Silver Chariot tidak akan berdaya sama sekali.


Mohammed Avdol & Magician’s Red STAND


Mohammed Avdol adalah kenalan dari Joseph Joestar yang juga ikut dalam perjalanan ke Mesir untuk memburu DIO. STAND yang dimiliki Avdol bernama Magician’s Red yang berbentuk seperti manusia dengan kepala burung. Magican’s Red merupakan STAND dengan elemen api.


Iggy & The Fool STAND

Iggy adalah seekor anjing liar yang dapat menggunakan STAND. Uh… benar seekor anjing. Iggy merupakan anjing spesial yang memiliki kecerdasan seperti manusia. STAND Iggy bernama The Fool yang berbentuk seperti robot anjing dengan kemampuan mengendalikan pasir.


DIO BRANDO & ZA WARUDOOOO (THE WORLD) STAND


KONO DIO BRANDO ADALAH ANTAGONIS UTAMA DALAM PART 3 INI. DENGAN MENDAPATKAN KEKUATAN STAND DITAMBAH DENGAN KEABADIAN DARI KEKUATAN VAMPIRE LALU TUBUH DARI JONATHAN JOESTAR, MEMBUAT KONO DIO SANGAT KUAT DAN MENAKUTKAN. STAND MILIKI DIO BERNAMA THE WORLD YANG MAMPU UNTUK MENGHENTIKAN WAKTU DALAM BEBERAPA DETIK DALAM RUANG LINGKUP KECIL. SELAIN DAPAT MENGHENTIKAN WAKTU, KEKUATAN SERANG DAN KECEPATAN DARI THE WORLD SETARA DENGAN STAR PALTINUM.


Holly Kuujou

Holly adalah Milf dalam Part 3 ibu kandung dari Jotarou dan juga merupakan anak kandung dari Joseph Joestar.

 

Suzie Q

Suzie Q adalah istri dari Josep Joestar dan merupakan ibu kandung dari Holly dan nenek dari Jotarou Kuujou.


D. Kesimpulan

Bisa dibilang JoJo’s Bizarre Adventure adalah salah satu anime paling iconic, unik dan berpenagruh dalam anime. Selain ceritanya yang sudah pasti bagus, desain karakter yang sangat unik dan iconic membuat anime ini sangat sangat sangat layak untuk ditonton. INGAT RUGI KALAU GAK NONTON!

Nilai Final : 9.0

1 comment for "JoJo no Kimyou na Bouken Part 3: Stardust Crusaders Review"