Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bakemonogatari Review


Judul :
Bakemonogatari
Genre :
Mystery, Romance, Supernatural, Vampire
Episode :
15 Episodes
Studio :
Shaft
Tanggal Rilis :
03 Juli 2009 ( Summer 2009 )
Durasi :
24 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song 1 - “staple staple” by Chiwa Saito
Opening Song 2 - “Kaerimichi” by Emiri Katou
Opening Song 3 - “ambivalent world” by Miyuki Sawashiro
Opening Song 4 - “Ren’ai Circulation” by Kana Hanazawa
Opening Song 5 - “Sugar Sweet Nightmare” by Yui Horie
Ending Song - “Kimi no Shiranai Monogatari” by by supercell; performed by nagi

A. Monogatari Series Order by Shaft Studio (Anime Adaptation Only)

First Season:
1. Bakemonogatari (2009)
2. Nisemonogatari (2012)
3. Nekomonogatari: Kuro (2012)
Second Season:
1. Monogatari Series Second Season (2013)
2. Hanamonogatari (2014)
Final Season:
1. Tsukimonogatari (2014)
2. Owarimonogatari (2015)
3. Koyomimonogatari (2016)
4. Kizumonogatari Part 1: Tekketsu (2016)
5. Kizumonogatari Part 2: Nekketsu (2016)
6. Kizumonogatari Part 3: Reikketsu (2017)
7. Owarimonogatari Part 2 (2017)
8. Zoku Owarimonogatari (2018)

B. Plot

[PERHATIAN: Monogatari Series adalah anime yang diadaptasi dengan cara yang unik. Tidak semua orang tahan menonton anime ini. Anime ini penuh dengan dialog antar tokoh yang padat. Jadi, bisa dibilang dari awal hingga akhir episode hanya diisi dengan omongan demi omongan. Tidak hanya itu, kesan dalam menonton anime ini tidak seperti sedang menonton acara di TV, melainkan seperti menyaksikan drama panggung yang dilengkapi dengan berbagai macam background 2D]

Story Arc dalam Bakemonogatari:
Hitagi Crab ( episode 1 - 2 )
Mayoi Snail ( episode 3 - 5 )
Suruga Monkey ( episode 6 - 8 )
Nadeko Snake ( episode 9 - 10 )
Tsubasa Neko ( episode 11 - 15 )

Bake = Hantu
Monogatari = Cerita
Bakemonogatari = Cerita Hantu (berpusat pada hal-hal supranatural)

Bakemonogatari berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Araragi Koyomi yang dulunya seorang manusia (LoL) berubah menjadi vampir karena sebuah insiden (Kizumonogatari Arc). Cerita utama dalam anime ini adalah dimana pertemuan Araragi Koyomi dengan berbagai kejadian supranatural yang terjadi di sekitarnya, melibatkan orang-orang terdekatnya (cewek semua lagi, bangke menang banyak) dan Araragi berusaha untuk menyelamatkan mereka semua. Walaupun bukan Araragi yang menyelamatkan mereka secara langsung (LoL), melainkan membawa mereka ke kenalannya yang bernama Oshino Meme (kenalan Chuck Norris ini).

Kesan pertama menonton anime ini adalah ANEH. TAPI BAGUS. HERAN KAN LU ? Tidak seperti anime-anime pada umumnya. Namun yang membuat anime ini sangat terkenal dan bagus yaitu adalah dialog antar tokoh yang sangat baik, dilengkapi dengan background story setiap tokoh di setiap arc yang sangat kuat. Jujur saja, tidak ada rasa bosan sedikitpun dalam menonton series (Bakemonogatari) ini sampai tamat (bahkan hanya perlu satu hari untuk menontonnya sampai selesai. Terlepas dari adaptasi studio Shaft yang aneh.LoL)

Nilai Plot : 8.5

C. Grafis dan Animasi









Pada bagian grafis dan animasi juga sama seperti sudah dikatakan diawal yaitu, ANEH. TAPI BAGUS. BOSAN KAN LU BACANYA ? Terutama detail background yang digambar terlihat sangat baik. Walaupun ada hal-hal yang tidak terlalu detail di bagian penggambaran karakter lebih dari satu orang pada frame yang sama. Seperti bagian-bagian tubuh yang kurang proporsional. Atau emang sengaja dibuat gitu kali ya ? Bodoh amat. Tapi selebihnya sudah sangat bagus, terutama bagian animasi yang sangat halus. Apalagi adegan action-nya itu yang sangat lebay (LoL) cuman gerakannya memang sangat halus.

Nilai Grafis dan Animasi : 8.5

D. Casts

Araragi Koyomi


Harem King (saingan Isei). Araragi Koyomi adalah karakter utama dalam Monogatari Series. Dia memiliki sifat yang baik, kelewat baik malah (tapi cuma baik sama cewek. Kan taek) Setiap dia menemukan orang dalam kesulitan, pasti akan langsung ditolongnya (baca: cuman cewek)


Senjougahara Hitagi


Waifu legendaris dalam dunia per-animean. Senjougahara Hitagi adalah korban cewek pertama Araragi di series ini dan sudah jadi pacarnya malah (kampret emang). Walupun cantik bak malaikat yang turun dari surga, tapi kepribadiannya itu yang gak nahan, sadis cuk.


Hachikuji Mayoi


Hachikuji Mayoi adalah korban cewek kedua Araragi di series ini. Loli ini memiliki keperawakan yang manis dan imut namun tolol. Dia merupakan sebuah roh yang membuat siapapun tersesat (mungkin Zoro suka tersesat gara-gara ni loli) bila berada di dekatnya.


Kanbaru Suruga


Kanbaru Suruga adalah korban cewek ketiga Araragi dalam series ini. Dia memiliki kepribadian yang tomboy dan merupakan adik kelas dari Araragi. Walaupun dia adalah seorang cewek namun dia tidak menyukai cowok. Dah tau kan jawabannya ? ( ͡° ͜ʖ ͡°)


Sengoku Nadeko


Sengoku Nadeko adalah korban cewek keempat Araragi dalam series ini. Dia adalah teman masa kecil Araragi yang merupakan teman baik dari adik perempuan Araragi.


Hanekawa Tsubasa


Hanekawa Tsubasa adalah korban cewek kelima Araragi dalam series ini. Dia satu kelas dengan Araragi yang menjabat sebagai ketua kelas. Dibandingkan dengan korban-korban Araragi sebelumnya, Hanekawa seoranglah yang memiliki aset paling besar. ( ͡° ͜ʖ ͡°)

Oshino Shinobu


Oshino Shinobu adalah korban cewek terdahulu sebelum korban-korban yang ada di series ini. Shinobu adalah seorang vampir berdarah murni yang membuat Araragi menjadi vampir. Nama “Oshino Shinobu” sendiri merupakan nama yang diberikan oleh Oshino Meme. Padahal dia memiliki nama, yaitu Kiss-Shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade (itu nama ape jembatan suramadu njir panjang amat)

Oshino Meme


Oshino Meme adalah seorang yang ahli dalam urusan supranatural. Dialah orang penting yang membantu Araragi dalam menyelamatkan para cewek. Namun yang mendapatkan harem adalah Araragi (kan bangke)


Araragi Karen & Araragi Tsukihi


Araragi Karen dan Araragi Tsukihi adalah cewek yang tidak bisa dijadikan korban oleh Araragi Koyomi (untung masih ada sisa njir). Mereka berdua adalah adik kandung dari Araragi Koyomi.

E. Kesimpulan

Bakemonogatari menawarkan berbagai macam cerita yang berhubungan dengan roh, hantu, kutukan, dan hal-hal mistis lainnya. Bisa dibilang tema yang diambil cukup fresh pada saat itu. Anime ini juga menawarkan sesuatu yang sangat unik, tapi aneh dan sangat berbeda dari anime lainnya. Bukan hanya cara adaptasinya yang aneh, tapi isi anime ini juga aneh, hanya diisi dengan dialog antar tokoh (walaupun ada adegan action sedikit) dari awal sampai akhir.

Kesimpulannya adalah, NONTON AJALAH UDAH.

Nilai Final : 8.5

Post a Comment for "Bakemonogatari Review"