Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Haikyuu!! Review


Judul :
Haikyuu !!
Genre :
Shounen, Sport, School, Comedy, Drama
Episode :
25 Episodes
Sequel :
Haikyuu!! Second Season
Studio :
Production I.G
Tanggal Rilis :
06 April 2014 ( Spring 2014 )
Durasi
24 Menit per episode
Soundtrack  :
Opening Song 1 - “Imagination” by SPYAIR
Opening Song 2 - “Ah Yeah  by Sukima Switch
Ending Song 1 - “Tenchi Gaeshi” by NICO Touches the Walls
Ending Song 2 - “Leo” by Tacica

A. Plot

Anime Haikyuu!! menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Shouyou Hinata yang sangat menyukai olahraga voli. Kesukaan Hinata terhadap olahraga voli berawal dari siaran yang Hinata tonton melalui televisi di sebuah toko yang menampilkan seorang pemain voli laki-laki misterius yang dijuluki “raksasa kecil”. Dijuluki “raksasa kecil” karena postur tubuhnya cukup kecil untuk standar atlet voli pada umumnya. “Raksasa kecil” ini dapat melakukan smash dengan sempurna melalui lompatannya yang sangat tinggi sehingga mampu melewati blok dari pemain musuh. Semenjak saat itulah Hinata sangat menyukai olahraga voli dan termotivasi untuk menjadi seperti “raksasa kecil”.

Pada season pertama, cerita Haikyuu!! berfokus pada turnamen Inter-High antar sekolah tingkat SMA yang berada di wilayah itu. Cerita dimulai ketika Shouyou Hinata kalah dalam pertandingan pertama dan terakhirnya di tingkat SMP melawan salah satu SMP berangotakan seorang pemain yang dijuluki “raja lapangan” bernama Tobio Kageyama. Tobio Kageyama juga dijuluki “sang jenius” karena bakatnya yang luar biasa. Pada saat itulah Hinata bertekad untuk mengalahkannya setelah masuk SMA nanti. Namun ternyata, Kageyama masuk ke SMA yang sama dengan Hinata, yaitu SMA Karasuno.

Cerita pembuka yang memang cukup menarik, dimana Hinata yang harusnya menjadi rival Kageyama, terpaksa satu tim dengan Kageyama di klub voli SMA Karasuno. Untuk perkembangan cerita tiap episode juga terasa sangat baik, karena semua proses dalam pelatihan dimana yang pada awalnya Hinata tidak begitu mahir dalam bermain voli dapat mengembangkan bakat tersembunyinya dengan bekerja sama dengan Kageyama. Tidak hanya sampai disitu, setiap karakter pendukung dalam anime ini juga melakukan perannya dengan sangat baik, sehingga mereka saling support antara satu dengan yang lainnya dalam latihan maupun pertandingan. Bisa dibilang anime ini tidak memiliki pemeran antagonis sama sekali. Dimana sangat jarang terjadi pada sebuah film yang tidak memiliki pemeran antagonis. Namun itu bukan masalah, malah membuat alur cerita semakin menarik dan sulit untuk ditebak.

Nilai Plot : 8.5

B. Grafis dan Animasi



ada bagian grafis dan animasi, anime Haikyu!! bisa diacungi jempol. Setiap animasi gerakan sudah halus dan penggambaran karakter di anime ini sangat detail. Untuk kriteria anime episodic ( bukan kualitas movie ) kualitas animasinya sudah sangat bagus. Shading yang diberikan juga sudah sangat detail dan sangat baik. Bahkan untuk adegan pertandingan, dalam melakukan berbagai macam gerakan dan teknik dalam olahraga voli juga di-animasikan dengan sangat baik. Seperti laju bola ketika melakukan smash, gerakan blok, maupun gerakan dalam menggapai bola di berbagai posisi sangat baik.

Nilai Grafis dan Animasi : 9.0

C. Casts

Hinata Shouyou


Siswa kelas 1 SMA dan karakter utama dalam anime Haikyu!!. Hinata sangat menyukai olahraga voli dan bercita-cita menjadi seperti “raksasa kecil” yang memiliki kemampuan dalam bermain voli yang hebat. Posisi Hinata dalam tim Karasuno adalah sebagai Spiker.


Kageyama Tobio


Siswa kelas 1 SMA yang dijuluki sebagai “raja lapangan” dan “sang jenius”, Kageyama memiliki segudang bakat hebat dalam bermain voli. Dengan sifatnya yang ambisius untuk selalu ingin menang, dia akan melakukan apa saja untuk meraihnya. Posisi Kageyama dalam tim Karasuno adalah Setter.


Sawamura Daichi


Siswa kelas 3 sekaligus Kapten tim Karasuno yang sangat tegas namun juga sangat peduli dengan timnya, dialah Daichi. Dengan sikap tegas dan wibawa yang dimilikinya setiap anggota tim sangat menghormatinya. Posisi Daichi dalam tim Karasuno adalah sebagai Receiver.


Sugawara Koushi


Teman baik dan seangkatan dengan Daichi yang memiliki sifat lembut dan selalu menjadi penyejuk bila terjadi ketegangan dalam tim adalah Sugawara. Posisi Sugawara dalam tim Karasuno adalah sebagai Setter.


Tanaka Ryuunosuke


Siswa kelas 2 SMA dengan tampang preman dan sangar sangat cocok menggambarkan ciri Tanaka. Dengan sifatnya yang gampang marah dan tidak sabaran merupakan ciri khas yang dimilikinya. Walaupun demikian, Tanaka sangat peduli dengan rekan timnya, salah satunya adalah Hinata. Posisi Tanaka dalam tim Karasuno adalah Wing-Spiker.


Tsukishima Kei & Yamaguchi Tadashi


Anggota baru tim Karasuno yang juga seangkatan dengan Hinata dan Kageyama. Tsukishima dengan tinggi badan yang hampir 190cm memiliki postur yang sangat ideal dalam olahraga voli, maka tak heran bila dalam tim Karasuno dia di-posisikan sebagai Blocker. Sedangkan Yamaguchi untuk sementara ini masih ber-status sebagai pemain cadangan.


Nishinoya Yuu


Seangkatan dengan Tanaka yang juga siswa kelas 2 SMA, Nishinoya memiliki peran yang sangat penting dalam tim Karasuno. Bahkan sang kapten Daichi menjulukinya sebagai “dewa pelindung” dalam tim. Walaupun postur tubuhnya kecil, Nishinoya memiliki kemampuan dan reflek yang cepat dalam menggapai bola di berbagai sudut lapang. Posisi yang dia miliki adalah sebagai Libero.


Azumane Asahi


“ACE” adalah kata yang tepat menggambarkan diri Asahi. Dia adalah pemain kunci sekaligus “ACE Karasuno” dalam tim untuk mencuri angka dengan smash keras yang dimilikinya. Diantara semua anggota tim, Asahi lah yang memiliki kekuatan paling besar. Posisi Asahi dalam tim Karasuno adalah sebagai Spiker.


Ukai Keishin


Pelatih tim Karasuno yang sudah berpengalaman dalam dunia voli yang juga merupakan cucu dari Ukai Ikkei yang juga pelatih tim Karasuno generasi sebelumnya.


Takeda Ittetsu


Takeda adalah penasehat tim voli Karasuno dan sekaligus sebagai orang yang akan mengatur segala kegiatan latih tanding tim Karasuno dengan tim dari sekolah lainnya.


Shimizu Kiyoko


Shimizu adalah manager tim Karasuno yang bertugas dalam mengatur dan mempersiapkan segala macam perlengkapan yang diperlukan tim dalam latihan maupun bertanding di turnamen.

D. Kesimpulan

Haikyuu!! adalah anime bertemakan olahraga yang memang bukan genre baru di dunia anime, tetapi konsep dan pengembangan cerita yang dimiliki pada season pertama memang cukup bagus, sulit ditebak dan menarik untuk diikuti setiap season-nya. Dengan kualitas grafis yang sangat bagus dan juga animasi yang bagus tidak heran apabila anime ini merupakan salah satu anime yang sangat populer.

Nilai Final : 8.75

Post a Comment for "Haikyuu!! Review"