Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Haikyuu!! Season 2 Review



Judul :
Haikyuu !! 2nd Season
Genre :
Shounen, Sport, School, Comedy, Drama
Episode :
25 Episodes
Prequel :
Haikyuu!!
Production I.G
Tanggal Rilis :
04 Oktober 2015 ( Fall 2015 )
Durasi :
24 Menit per episode
Soundtrack :
Opening Song 1 - “I’m a Believer” by SPYAIR
Opening Song 2 - “FLY HIGH!!” by BURNOUT SYNDROMES
Ending Song 1 - “Climber” by Galileo Galilei (band)
Ending Song 2 - “Hatsunetsu” by Tacica


A. Plot

Pada season kedua, cerita Haikyuu!! berfokus pada turnamen musim semi. Turnamen musim semi ini merupakan turnamen terakhir yang dapat diikuti oleh para siswa kelas 3 SMA, yaitu Daichi, Sugawara, dan Asahi. Untuk plot di season kedua ini dibagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama, diceritakan mengenai proses latihan tim Karasuno di camp-pelatihan yang mempertemukan mereka dengan beberapa tim voli SMA hebat lain yang akan menjadi lawan tanding mereka selama latihan belangsung. Pada bagian kedua merupakan bagian puncak, dimana tim Karasuno akan menghadapi tim-tim voli SMA lain dalam turnamen musim semi.

Untuk perkembangan cerita pada season 2 ini disajikan dengan sangat baik dan memukau. Pada arc camp-pelatihan sendiri, dimana tim Karasuno akan berhadapkan dengan berbagai tim voli hebat dari SMA lain. Dengan lawan tanding yang hebat dan selalu membuat tim Karasuno kesulitan inilah yang dapat membuat mereka berkembang dengan pesat. Berbagai macam teknik baru yang mereka temukan juga sangat menarik dan tidak terlihat berlebihan/ lebay. Untuk arc turnamen musim semi, disajikan dengan sangat intense dan menegangkan setiap episode-nya. Sehingga membuat penonton tidak sabaran untuk segera menonton kelanjutan dari pertandingan tim Karasuno dalam menghadapi setiap tim.

Nilai Plot : 8.8



B. Grafis dan Animasi






Pada bagian grafis dan animasi, anime Haikyu!! season 2 masih dikerjakan oleh studio yang menggarap Haikyuu!! season 1, yaitu Studio Production I.G. Untuk kualitas grafis dan animasinya sendiri masih sama seperti pada season 1. Dimana animasi dan grafis yang disajikan sudah sangat baik dan halus. Detil yang digambar juga masih tidak menurun kualitasnya dibandingkan season 1.

Nilai Grafis dan Animasi : 9.0


C. New Casts

Yachi Hitoka



Siswi kelas 1 SMA yang akan menggantikan Shimizu sebagai manager setelah Shimizu lulus nanti. Hitoka memiliki sifat yang tidak percaya diri diawal dan selalu menganggap dirinya tidak cocok dalam menggantikan Shimizu sebagai manager tim Karasuno. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan selalu mengikuti kegiatan klub voli Karasuno, Hitoka semakin percaya diri dan mantap untuk menjadi mananger pengganti Shimizu kelak.


Ukai Ikkei


Pelatih tim Karasuno generasi sebelumnya dan juga merupakan kakek dari Ukai Keishin, yang merupakan pelatih tim Karasuno generasi saat ini. Ikkei dikenal sebagai pelatih yang tidak kenal ampun kepada anak didikannya. Porsi latihan yang sangat keras dan disiplin pernah membuat tim Karasuno mengikuti turnamen voli tingkat nasional.


Tanaka Saeko


Alumni SMA Karasuno dan juga merupakan kakak kandung dari Tanaka Ryuunosuke. Seperti Ryuunosuke, Saeko juga sangat berisik dan blak-blakan dalam berbicara. Ketika masih SMA, Saeko merupakan teman satu kelas dengan “raksasa kecil” yang merupakan pemain voli favorit Hinata.

D. Kesimpulan

Haikyuu!! 2nd season menyajikan perkembangan cerita yang memukau dan menarik untuk diikuti. Perkembangan kemampuan dari masing-masing karakter setelah turnamen inter-high pada season sebelumnya juga begitu terasa dan signifikan ketika turnamen musim semi berlangsung. Sehingga tidak ada karakter yang paling menonjol di dalam tim dan masing-masing karakter memiliki perannya masing-masing dalam meningkatkan kemampuan timnya. Bisa dikatakan, anime Haikyuu!! adalah anime yang “balance”. Balance ini diartikan sebagai “tidak berat sebelah” atau tidak semata-mata hanya mengandalkan karakter utama saja dalam turnamen berlangsung. Karena keseimbangan inilah yang membuat anime Haikyuu!! sangat menarik dan layak untuk diikuti setiap season-nya.

Nilai Final : 8.9

Post a Comment for "Haikyuu!! Season 2 Review"