Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fuufu Ijou, Koibito Miman. Review


Judul :
Fuufu Ijou, Koibito Miman.
Genre :
Comedy, Romance, School, Seinen
Authors :
Kanamaru, Yuuki (Story & Art)
Tanggal Rilis :
2 Maret 2018

A. Plot

Apabila pembaca sudah pernah menonton anime maupun membaca manga “Koi to Uso” tentu kalian sudah familiar dengan cerita berlatar dunia dimana pasangan hidup seseorang sudah ditentukan oleh suatu pihak. Pada manga fuufu ijou memiliki cerita yang lebih ringan, yakni suatu sekolah yang memiliki sistem untuk simulasi hidup berpasangan (tentunya antara wanita dan pria) pada saat siswanya menginjak kelas tiga. Tentunya simulasi hidup berpasangan yang dilakukan akan turut menjadi bagian dari penilaian kelulusan setiap siswa, bahkan apabila seseorang tidak memiliki kemajuan dalam simulai hidup berpasangan, ia dapat saja tidak lulus dari sekolah tersebut.


Manga fuufu ijou ini bercerita tentang Jirou, seorang pelajar SMA maniak game yang akan mulai menginjak kelas tiga dan memulai simulai hidup berpasangan. Namun kurang beruntung, ia mendapatkan seorang “gal” bernama Akari dari kelasnya yang tidak terlalu akrab dengannya. Yang lebih malangnya lagi, orang yang ia suka, yakni Shiori malah berpasangan dengan orang sekelas Jirou yang bernama Tenjin yang memiliki prestasi yang baik serta penampilan yang rupawan.


Tipikal cerita romance mainstream, fuufu ijou juga mengambil setting dimana seseorang terpaksa berpasangan dengan orang yang awalnya tidak disukai dan tidak akrab. Tentu akhir dari cerita ini sebenarnya sudah dapat ditebak, dimana pastinya heroine yang akan menjadi pasangan Jirou adalah Akari, “gal” yang menjadi teman berpasangannya. Hanya saja, penulis cukup yakin bahwa kebanyakan penikmat anime romance tidak hanya karena ingin mengetahui siapakah yang pasangan tokoh utama, melainkan lebih tertarik pada alur perkembangan cerita manga maupun anime romance itu tersendiri.


Pada jalan cerita manga ini, kalian tidak akan menemukan alur dan perkembangan yang terlalu berat dan justru itulah keunggulan dari manga ini, yaitu cerita yang ringan. Tentu ada kalanya dimana seseorang lebih mengharapkan cerita yang ringan saja dari sebuah manga maupun anime, dan tipe pembaca seperti itulah yang menjadi target dari manga ini. Meskipun ringan namun tetap merangsang minat pembaca untuk meneruskan membaca manga yang satu ini.

Nilai Plot : 7.0

B. Grafis

Grafis dalam manga fuufu ijou tidak memiliki point spesial dalam penggambaran karakter maupun latar. Namun seperti review anime yang dilakukan oleh kami, pada manga fuufu ijou tidak memiliki point yang dapat menjatuhkan grafis dari manga ini.


Mungkin jika perlu dicari-cari hal point positif dari manga ini yakni penggambaran heroine yang waifuable.

Nilai Grafis : 7.0

C. Characters

Yakuin Jirou


Jirou adalah pelajar yang sudah menginjak kelas tiga pada SMA-nya. Ia adalah tipe orang yang suka bermain game bahkan hingga larut malam.


Watanabe Akari


Teman sekelas dari Jirou. Akari merupakan seorang “gal”, yang kemudian secara terpaksa berpasangan dengan Jirou.


Tenjin Minami


Tenjin berasal dari kelas yang sama dengan Jirou. Akari pada awalnya memiliki perasaan dengan Tenjin. Ia merupakan pasangan simulasi dari Shiori.



Sakurazaka Shiori


Teman masa kecil dari Jirou. Shiori adalah siswa yang pandai dalam memasak maupun belajar. Secara diam-diam dia terus memendam perasaan kepada Jirou, begitu pula Jirou sempat memendam perasaan kepada Shiori.


D. Kesimpulan

Point favorit dari penulis terhadap manga ini tentu saja adalah pada kelakuan yang polos dari pasangan Jirou dan Akari. Meskipun Akari adalah “gal”, namun Akari ternyata masih seorang gadis (shoujo) yang bahkan belum pernah melakukan ciuman pertamanya yang akhirnya secara tidak sengaja direbut Jirou karena salah paham yang terbilang konyol.



Manga yang satu ini cocok bagi penikmat manga yang menginginkan alur cerita yang ringan namun tetap seru untuk dibaca pada waktu luang (memangnya ada yang senang membaca manga ketika sibuk ya? LOL). Meskipun tidak ada konflik yang berat namun penulis tetap saja dapat enjoy menikmati setiap chapter dari manga yang satu ini.

Nilai Final : 7.0

Post a Comment for "Fuufu Ijou, Koibito Miman. Review"