Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koi to Uso Review



Judul :
Koi to Uso (Love and Lies)
Genre :
Drama, Romance, School
Episode :
12 Episodes
Studio :
LINDENFILMS
Tanggal Rilis :
04 Juli 2017 ( Summer 2017 )
Durasi :
24 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song – “Kanashii Ureshii” by Frederic
Ending Song – “Can’t you say” by Roys
 

A. Plot

Koi to Uso adalah anime yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat yang ada negara Jepang, dimana pemerintah Jepang membuat sebuah aturan yang mewajibkan warga negara yang berusia 16 tahun untuk menikahi pasangan yang telah ditentukan oleh pemerintah.  Dimana menurut pemerintah Jepang, jodoh yang telah mereka tentukan merupakan pasangan terbaik bagi orang itu. Apabila ada yang menolak hal itu, maka akan dikenakan sanksi bagi yang melanggar.

Nejima Yukari adalah siswa SMA yang hampir berusia 16 tahun, menemukan cinta sejatinya selama ini, yaitu Takasaki Misaki. Sebelum mendapat pemeberitahuan dari pemerintah mengenai pasangan yang di jodohkan dengannya, Nejima Yukari mengungkapkan rasa sukanya kepada Takasaki Misaki dan Takasaki Misaki juga menerima ungkapan cinta Nejima Yukari yang membuat mereka menjadi sepasang kekasih. Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlangsung lama, karena muncul pemberitahuan tentang pasangan yang akan di jodohkan dengan Nejima Yukari, yaitu Sanada Ririna.

Untuk konsep cerita sendiri, anime Koi to Uso menggunakan konsep perjodohan secara sepihak yang membuat seseorang tidak dapat menjalin hubungan dengan orang yang dicintainya. Selain itu, terdapat unsur cinta segitiga di dalamnya yang memang sudah cukup mainstream atau mungkin memang sudah wajib apabila membuat sebuah film/anime dengan genre romance.

Walaupun konsep perjodohan sepihak dan cinta segitiga sudah cukup mainstream, tetapi anime Koi to Uso tetap cukup nyaman untuk ditonton. Setiap episode demi episode akan ditunjukkan dengan perkembangan karakter antar tokoh yang cukup menarik. Tidak hanya itu saja, adanya sebuah rahasia di balik anime ini juga dirasa akan membuat penonton penasaran terhadap apa yang akan terjadi di setiap episode.

Konflik utama yang cukup menarik dalam anime ini adalah:

“Apakah cinta yang berasal dari perjodohan adalah cinta sejati atau hanyalah kebohongan belaka ?”

 Atau

“Cinta yang berasal dari pilihan kita sendirilah yang disebut dengan cinta sejati atau mungkin berdampak sebaliknya ?”

Nilai Plot : 7.5

B. Grafis dan Animasi









Pada bagian grafis dan animasi, terutama untuk desain setiap karakter yang ada memiliki sedikit keunikan. Dimana pada bagian “mata” setiap karakter digambarkan sedikit lebih besar. Mungkin mengikuti gaya penggambaran dari manga-nya. Bukannya jelek, cuma saja tidak terbiasa ketika melihat “bola mata” yang digambar lebih besar. Namun untuk desain setiap karakternya cukup bagus dan baik. Pada bagian background yang digambar juga sudah baik dan detailnya sudah bagus. Baik dari shading, maupun pencahayaannya sudah sangat baik. Animasinya juga sudah cukup baik dan tidak ada bagian yang terlihat kaku.

Nilai Grafis dan Animasi : 8.5

C. Casts

Takasaki Misaki

Takasaki Misaki adalah gadis yang disukai oleh Nejima Yukari sejak kecil. Tidak hanya Nejima Yukari, Takasaki Misaki juga sudah menyukai Nejima Yukari dari dulu.

Nejima Yukari

Nejima Yukari adalah karakter utama dalam anime ini. Nejima Yukari sudah menentukan siapa yang akan menjadi kekasihnya kelak (Takasaki Misaki). Namun, karena adanya program perjodohan dari pemerintah, hal tersebut tidak dapat menjadi kenyataan.

Sanada Ririna

Sanada Ririna adalah pasangan yang dijodohkan dengan Nejima Yukari. Pada awalnya, Sanada Ririna tidak memiliki perasaan terhadap Nejima Yukari. Namun lambat-laun, perasaanya pun berubah dan mulai menyukai Nejima Yukari.

Nisaka Yuusuke

Nisaka Yuusuke adalah teman sekelas dan teman baik dari Nejima Yukari. Nisaka Yuusuke sering memberi nasehat kepada Nejima Yukari ketika dia memiliki masalah. (Kayaknya ni orang gak suka sama cewek)

Igarashi Shuu

Igarashi Shuu adalah teman baik dari Takasaki Misaki ketika SMP. Igarashi Shuu memiliki sifat yang over-protective kepada Takasaki Misaki. Igarashi Shuu merupakan cucu dari orang pemerintahan yang mencetuskan program perjodohan di Jepang.

Mimasaki Arisa

Mimasaki Arisa adalah teman dari Sanada Ririna. Walaupun dikatakan teman, lebih tepatnya Mimasaki Arisa sendiri yang mengajak Sanada Ririna untuk berteman dengannya.

Yajima Motoi & Ichijou Kagetsu

Yajima Motoi dan Ichijou Kagetsu adalah pegawai pemerintah Jepang yang betugas untuk mengawasi dan memberikan surat edaran dari pemerintah Jepang kepada pasangan yang berjodoh. Yajima dan Ichijou dulunya berpacaran, namun harus berpisah karena program perjodohan yang dibuat oleh pemerintah.

D. Kesimpulan

Koi to Uso adalah anime yang cocok bagi orang-orang yang menyukai genre drama-romance. Walaupun konfliknya cukup mainstream, yakni tentang perjodohan dan cinta segitiga, tetapi dikemas dengan cukup baik dan menarik untuk ditonton. Desain tiap karakter yang unik juga menjadi nilai tambah dalam anime ini, sehingga menimbulkan sebuah kesan iconic yang berbeda dari anime lainnya.

Nilai Final : 8.0

Post a Comment for "Koi to Uso Review"