Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nisemonogatari Review


Judul :
Nisemonogatari
Genre :
Comedy, Ecchi, Mystery, Supernatural
Episode :
11 Episodes
Studio :
Shaft
Tanggal Rilis :
08 Januari 2012 ( Winter 2012 )
Durasi :
24 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song 1 - “Futakotome” by Chiwa Saito
Opening Song 2 - “marshmallow justice” by Eri Kitamura
Opening Song 3 - “Hakkin Disco” by Yuka Iguchi
Ending Song - “Naisho no Hanashi” by ClariS
  

A. Monogatari Series Order by Shaft Studio (Anime Adaptation Only)

First Season:
1. Bakemonogatari (2009)
2. Nisemonogatari (2012)
3. Nekomonogatari: Kuro (2012)
Second Season:
1. Monogatari Series Second Season (2013)
2. Hanamonogatari (2014)
Final Season:
1. Tsukimonogatari (2014)
2. Owarimonogatari (2015)
3. Koyomimonogatari (2016)
4. Kizumonogatari Part 1: Tekketsu (2016)
5. Kizumonogatari Part 2: Nekketsu (2016)
6. Kizumonogatari Part 3: Reikketsu (2017)
7. Owarimonogatari Part 2 (2017)
8. Zoku Owarimonogatari (2018)

B. Plot

[PERHATIAN: Monogatari Series adalah anime yang diadaptasi dengan cara yang unik. Tidak semua orang tahan menonton anime ini. Anime ini penuh dengan dialog antar tokoh yang padat. Jadi, bisa dibilang dari awal hingga akhir episode hanya diisi dengan omongan demi omongan. Tidak hanya itu, kesan dalam menonton anime ini tidak seperti sedang menonton acara di TV, melainkan seperti menyaksikan drama panggung yang dilengkapi dengan berbagai macam background 2D]

Story Arc dalam Nisemonogatari:
Karen Bee ( episode 1 - 7 )
Tsukihi Phoenix ( episode 8 - 11 )

Nise= Palsu
Monogatari= Cerita
Nisemonogatari= Cerita Palsu (Penipu & Adik Palsu. LoL)

Nisemonogatari adalah series yang masih menceritakan keseharian Araragi Koyomi (si kampret yang dikelilingi cewek cantik). Pada seri ini, cerita berpusat pada kedua adik kandung Araragi Koyomi, yaitu Araragi Karen dan Araragi Tsukihi (jancuklah adik kandung sediri pun disikat) yang dijuluki sebagai Fire Sisters. Pada seri ini juga akan dikenalkan dengan tiga karakter antagonis utama bernama Kaiki Deishuu, Ononoki Yotsugi dan Kagenui Yozuru.

Sesuatu yang disebut “palsu” dalam seri ini berasal dari karakter antagonis yang bernama Kaiki Deishuu. Kaiki merupakan seorang ahli dalam supranatural (gampangnya adalah dukun santet) dan penipu yang membuka jasa untuk melakukan tindakan “keadilan” dengan bayaran uang. Araragi Karen adalah salah satu korban dari Kaiki.

Kepalsuan kedua yang dimaksud adalah Araragi Tsukihi, adik dari Araragi Koyomi. Tsukihi dianggap sebagai “adik palsu” karena dia bukanlah manusia, melainkan sebuah makhluk gaib berbentuk burung phoenix. Bahkan Tsukihi sendiri tidak menyadarinya (oalah jancuk anak siapa jadinya ini ?). Oleh karena itu Tsukihi diincar oleh sekelompok pembasmi makhluk gaib (Onmyouji)  bernama Ononoki Yotsugi dan Kagenui Yozuru.

Sebenarnya konsep dari Nisemonogatari ini sudah sangat bagus, cuman eksekusinya yang sedikit gagal. Hal yang membuat seri ini tidak lebih baik dari seri Bakemonogatari adalah banyaknya filler dan fanservices (ecchi-nya itu loh, tapi mantep sih). Sehingga cerita utama yang sudah dibangun dengan baik roboh seketika. Bukan hanya itu saja, pada saat penyelesaian konflik juga tidak begitu baik, yaitu menggunakan jurus bacotan super bijak (belajar dari bacot no jutsu milik Naruto kali si kampret satu ini).

Nilai Plot : 8.0

C. Grafis dan Animasi









Pada bagian grafis dan animasi bisa dibilang terdapat peningkatan yang cukup signifikan. Terutama pada bagian penggambaran antar karakter  yang dibuat lebih halus dan pewarnaanya juga lebih natural. Pada bagian penggambaran background terlihat ada sedikit peningkatan dari seri sebelunya, Bakemonogatari. Bukan berarti tidak lebih bagus, sudah bagus, hanya saja tidak ada peningkatan yang cukup signifikan.

Nilai Grafis dan Animasi : 9.0

D. Casts

Araragi Koyomi



Karakter kampret satu ini tidak peduli saudara kandung atau bukan yang penting cewek pasti langsung disikat.


Araragi Karen



Adik pertama dari Araragi Koyomi ini memiliki kepribadian yang sedkit tomboy namun memiliki fisik yang kuat dan tubuh yang “sehat” (bikin gak tahan kalau gak percaya nonton aja episode 8). ( ͡° ͜ʖ ͡°)


Araragi Tsukihi



Araragi Tsukihi adalah adik kedua dari Araragi Koyomi. Dia memiliki kepribadian yang kalem (baca: diluarnya saja). Namun juga dapat berubah menjadi sangat sadis (walaupun masih kalah dengan neng Senjougahara-sama ( ͡° ͜ʖ ͡°) )


Senjougahara Hitagi



No comment lah kalau neng yang satu ini. (kalau masih gak tau neng yang satu ini bagus gak usah nonton anime lagi, pensi aja udah)


Sengoku Nadeko



Dalam seri ini, Sengoku hanya memiliki peran sebagai karakter figuran yang tidak hubungannya dengan cerita utama. Walaupun demikian, adegan fanservices-nya masih mantep dan sayang untuk dilewatkan. ( ͡° ͜ʖ ͡°)


Hanekawa Tsubasa



Pada seri ini, hampir semua karakter perempuannya memiliki gaya rambut yang berbeda. Hanekawa Tsubasa salah satunya. Dia memotong rambutnya lebih pendek. Mungkin karena “rambut-nya” yang panjang membuat dia gerah di bagian tertentu (baca: leher woi).


Oshino Shinobu



Jujur saja, Shinobu adalah cewek idaman mimin baik di real life maupun di anime. Alasannya simpel, dia bisa menjadi besar dan kecil. Jadi lengkap, mulai dari versi loli sampai dewasa. Kurang apa coba ? ( ͡° ͜ʖ ͡°)


Hachikuji Mayoi



Sejujurnya kasihan lihat Loli satu ini. Soalnya setiap ketemu Araragi selalu di-bully (aslinya korban grepe grepe cuk).


Kanbaru Suruga


Kanbaru Suruga memiliki rambut yang panjang kali ini. Mungkin dia ingin merasakan sensasi baru dari rambut hairy yang lebih panjang.


Kaiki Deishuu


Seorang penipu ulung dan perusak rumah tangga orang lain. Hal yang lebih mengejutkan lagi adalah, ternyata Kaiki, Oshino Meme dan Kagenui Yozuru berasal dari Universitas Onmyouji yang sama.


Kagenui Yozuru


Kagenui Yozuru adalah seorang yang ahli dalam membasmi makhluk gaib (Onmyouji). Dia memiliki kemampuan yang setara dengan Oshino Meme dalam berurusan dengan makhluk gaib.


Ononoki Yotsugi


Ononoki Yotsugi adalah shikigami yang dimiliki oleh Kagenui Yozuru.

E. Kesimpulan

Apabila sudah menonton seri Bakemonogatari, maka diwajibkan untuk menonton seri Nisemonogatari. Karena background story dari karakter Araragi Karen dan Araragi Tsukihi tidak diceritakan pada seri Bakemonogatari. Bisa dibilang Nisemonogatari cukup sukses dalam menjadi sekuel langsung dari seri Bakemonogatari. Jadi…

Kesimpulannya adalah, NONTON AJALAH UDAH.

Gak bakalan nyesel. Ditambah dengan adegan fanservice-nya yang mantep. Gak rugilah pokoknya.

Nilai Final : 8.5

Post a Comment for "Nisemonogatari Review"