Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koisuru Asteroid Review


Judul :
Koisuru Asteroid
Genre :
Slice of Life, Comedy, School
Episode :
12 Episodes
Studio :
Doga Kobo
Tanggal Rilis :
03 Januari 2020 ( Winter 2020 )
Durasi :
23 Menit per episode
Soundtrack :
Opening Song 1 - “Aruite Ikou” by Nao Touyama
Ending Song 1 - “Yozora” by Minori Suzuki
Ending Song 2 - “Ano Hoshi no Mukou ni” by Mira Kinohata

A. Plot

Koisuru asteroid bercerita tentang seorang gadis bernama Mira yang memiliki mimpi untuk menemukan arteroid bersama dengan seseorang bernama Ao yang pernah ia temui pada saat masih kecil. Pada saat Mira mulai memasuki SMA, ia memutuskan untuk bergabung dengan ekskul astronomi yang sayangnya ternyata tidak ia temukan pada sekolahnya. Mira dihampiri oleh seseorang gurunya dan memberitahu bahwa ekskul astronomi sebelumnya telah digabung dengan ekskul geologi. Mira pun memutuskan untuk mencoba mengunjungi ekskul tersebut, dan ternyata pada ekskul tersebut ia bertemu kembali dengan Ao. Mira dan Ao kemudian bergabung dengan ekskul tersebut demi mencapai impian mereka, yakni menemukan sebuah asteroid.


Dari segi konsep cerita koisuru asteroid, sebenarnya anime ini terdengar sangatlah menarik. Pada dunia peranimean belakangan ini, sudah jarang adanya anime yang membahas tentang luar angkasa, begitu pula geologi yang memang sangat jarang digunakan sebagai topik dalam anime. Meskipun judul anime sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan geologi, namun kalian tetap akan disuguhkan dengan sedikit unsur geologi pada anime ini.

Mungkin sebagian orang yang membaca sinopsis anime ini akan mengira bahwa pembahasan koisuru asteroid akan terasa berat sebab memiliki topik tentang astronomi dan geologi, namun tenang saja sebab para producer anime ini sukses membawakan kedua topik tersebut dengan menarik dan dapat dipahami oleh siapa saja.


Dalam anime koisuru asteroid berfokus pada segala aktivitas yang dilakukan oleh ekskul mereka. Bagaimana kedua topik yang dapat dikatakan kurang berhubungan bagi orang awam yakni geologi dan astronomi, ilmu mengenai bumi dan langit, dapat bersatu dalam satu ekskul. Bagaimana setiap anggota kubu yang memiliki ketertarikan beda geologi dan astronomi membagi kegiatan mereka.


Bagi pembaca yang suka menonton anime bertema, cute girl doing cute things dan anime yang bersifat santai, koisuru asteroid dapat menjadi salah satu daftar anime yang dapat kalian nikmati maupun koleksi. Ketika menonton koisuru asteroid kalian dapat nyengir-nyengir melihat tingkah laku dari pada anggota ekskul yang “geek” dengan bidang mereka masing-masing, yakni astronomi dan geologi. Kalian dapat menikmati adegan dimana Sakura-senpai pada ekskul tersebut yang sangat bersemangat dalam menjelaskan segala hal tentang geologi, maupun anggota lainnya dengan berbagai topik keahlian mereka, bahkan semangat tersebut terasa menular pada penonton anime ini.

Nilai Plot : 8.0

B. Grafis dan Animasi


Menemukan grafik yang luar biasa nyata jelas bukan nilai jual utama dari anime koisuru asteroid. Meski demikian grafik serta animasi dari koisuru asteroid dapat dikatakan sesuai dengan khas anime tersendiri. Tidak ada penggunaan 3D yang tidak jarang malah menurunkan kualitas anime. Style koisuru asteroid jelas hanya berfokus pada 2D saja namun terkadang berfokus pada 2D justru membuat anime nyaman untuk dilihat, dan tidak lupa pula, terhindar dari komentar CG yang gagal.



Yang menjadi keluhan penulis pada grafik hanyalah satu scene seperti yang tertera pada gambar diatas yakni pada saat mira memegang papan yang terasa kurang proporsional, namun secara keseluruhan penulis jarang menemukan adanya kekurangan tersebut dan justru wajar pada anime yang menonjolkan 2D.


Nilai Grafis dan Animasi : 7.5

C. Characters

Mira Kinohata


Mira, seorang gadis yang awalnya tidak memiliki ketertarikan pada astronomi. Semenjak pertemuannya dengan Ao, Mira pun mulai mendalami astronomi demi mencapai mimpinya dengan Ao.


Ao Manaka


Ao adalah gadis yang memiliki suasana dewasa dan cool, namun dibalik hal tersebut. Ao ialah gadis yang dapat dikatakan kikuk, bahkan ia sempat terpaksa mengikuti remedial karena ia sibuk mengamati bintang.


Mari Morino


Morino alias Monroe-senpai adalah ketua dari ekskul yang diikuti oleh Mira dan Ao. Ia berasal dari kubu astronomi dan sangat memiliki rasa ketertarikan dengan bulan. Impian Monroe-senpai ialah menjadi astronot.



Mikage Sakurai


Sakurai-senpai sering dipanggil dengan nama Sakura-senpai. Ia adalah wakil ketua dari ekskul yang diikuti Mira dan Ao. Sakura-senpai berasal dari kubu geologi. Sakura-senpai memiliki sifat tsundere serta memiliki suara yang merdu karena pengisi suaranya adalah Touyama Nao. Sakura-senpai sangat bersemangat dalam membahas hal yang berkaitan dengan bebatuan.



Mai Inose


Ino-senpai adalah anggota ekskul yang berasal dari kubu geologi. Ia memiliki minat pada peta, bahkan tidak jarang ia menjelajahi kota untuk menikmati detail keindahan sekitarnya.



Moe Suzuya


Suzuya adalah teman Mira semenjak kecil. Ia merupakan anak dari toko roti yang terkenal dan memiliki minat untuk meneruskan usaha orang tuanya. Meskipun ia tidak bergabung dengan ekskul yang diikuti Mira, namun tidak jarang Suzuya ikut membantu mereka dalam melaksanakan kegiatan ekskul.


Yuki Endou


Endou-sensei merupakan guru yang memberitahukan pada Mira mengenai penggabungan antara ekskul geologi dan astronomi. Endou-sensei pada saat ini menjadi pembina dari ekskul yang diikuti mereka. Endou-sensei memiliki minat pada bidang astronomi, bahkan orang tuanya juga gemar dengan astronomi.

D. Conclusion

Koisuru asteroid apabila perlu disebut sebagai anime dengan tema “cute girl doing cute things” mungkin terasa kurang cocok, lebih cocok apabila dikatakan “cute girl doing big things” melihat dari impian para anggota ekskulnya besar. Namun terlepas dari hal itu, Koisuru asteroid merupakan anime yang menarik untuk ditonton. Topik yang unik dapat menjadi nilai utama dari anime ini juga, yakni geologi, astronomi, dan penggabungan dari ekskul geologi dan astronomi.

Meskipun hanya memiliki 12 episode, koisuru asteroid sukses untuk membawa penontonnya untuk lebih akrab dan mengenal karakter-karakter yang ada. Bahkan soundtrack yang dibawakan anime ini sangat asik untuk dinikmati.

Sebagai penutupan, penulis akan menyajikan quote favorit saya dari koisuru asteroid :3

Setiap orang memiliki hal yang disukai dan bakat tersendiri, dunia miliknya sendiri.Jikalau hanya sendiri, maka duniamu hanya satu. Jika dihubungkan dengan milik lainnya, maka kemungkinanmu akan terus meluas.Menjadi sangat besar dan tidak terbatas.Seperti halnya luar angkasa


Nilai Final : 7.75

Post a Comment for "Koisuru Asteroid Review"