Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kyokou Suiri (In / Spectre) Review


Judul :
Kyokou Suiri (In / Spectre)
Genre :
Shounen, Romance, Comedy, Mystery, Demons, Supernatural
Episode :
12 Episodes
Studio :
Brain’s Base
Tanggal Rilis :
12 Januari 2020 ( Winter 2020 )
Durasi :
24 menit per episode
Soundtrack  :
Opening Song  - “Mononoke in the Fiction” by Uso to Chameleon
Ending Song  - “LAST DANCE” by Mamoru Miyano
  

A. Plot

Kyokou Suiri (In / Spectre) adalah anime dengan tema utama supernatural. Dimana fokus utama anime ini adalah semua hal yang berhubungan dengan makhlus halus / hantu / jin / siluman atau dalam bahasa jepang dapat disebut dengan yurei / yokai / obake atau sejenisnya.

Cerita berpusat pada seorang gadis bernama Iwanaga Kotoko yang diberi kepercayaan sebagai “Dewa Kebijaksanaan” yang bertugas menjadi penengah antara manusia dan yokai. Dimana Kotoko harus menyelesaikan masalah yang mengganggu para yokai akibat ulah manusia ataupun sebaliknya. Baik dengan cara kekerasan maupun dengan negosiasi.

Cerita berlanjut dimana Kotoko bertemu dengan Sakuragawa Kurou di sebuah rumah sakit. Kotoko tiba-tiba saja jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Kurou. Dan menyatakan cintanya langsung setelah mengetahui Kurou putus dengan pacarnya. Namun ternyata Kurou bukanlah manusia biasa, melainkan dia abadi dan dapat mengubah masa depan dengan kekuatan yang didapatkannya setelah memakan daging yokai.

Satu kata yang dapat menggambarkan anime ini adalah UNIK. Dikatakan unik karena tema supernatural dikombinasikan dengan tema ala detektif yang membuat kedua kombinasi itu ternyata sangat cocok dan sangat menarik. Dimana sang protagonis berusaha menyelesaikan masalah yokai dengan argumen-argumen rasional yang tentu saja disertai bukti-bukti yang didapat. Mirip seperti anime yang bertemakan hukum (law).

Nilai Plot : 8.0

B. Grafis dan Animasi







Pada bagian grafis, anime ini memang sudah sangat baik. Penggambaran background dengan lingkungan luas dapat diperlihatkan dengan detail serta tekstur warna pada objek-objek yang digambar terlihat sangat baik serta cukup detail. Namun pada bagian animasi, terutama pada saat adegan aksi terlihat cukup kaku. Dimana pada saat Kurou yang sedang bertarung dengan yokai, di-animasikan tidak begitu halus dan impact dari setiap gerakan yang diperlihatkan terasa masih kurang.

Nilai Grafis dan Animasi : 8.0

C. Casts

Iwanaga Kotoko


Karakter utama perempuan ter-bucin dalam anime ini. Kotoko sangat percaya diri dan sangat pintar (licik/cerdik) dalam menyelesaikan berbagai masalah para yokai. Walaupun terlihat sangat pintar dan dapat diandalkan, Kotoko tetap membutuhkan bantuan Kurou dalam menyesaikan masalah para yokai, terutama ketika masalah yang diselesaikan melalui pertarungan.


Sakuragawa Kurou


Karakter utama laki-laki dalam anime ini yang sangat ditakuti oleh para yokai. Kurou juga merupakan target bucin-nya Kotoko. Kurou  memiliki kekuatan regenerasi yang sangat cepat dan tidak dapat mati apabila dibunuh. Tidak hanya itu saja, ketika Kurou “mati” dia dapat meramal / menentukan masa depan yang akan terjadi ketika dalam keadaan “mati”.


Yumihara Saki


Mantan pacar Kurou yang berprofesi sebagai polisi lalu lintas. Walaupun terlihat tegas dan berwibawa, Saki sangat takut terhadap yokai dan sialnya lagi Saki dapat melihat para yokai yang berkeliaran di dekatnya.


Sakuragawa Rikka


Rikka adalah kakak sepupu Kurou, dan yang lebih mengejutkan lagi adalah, Rikka merupakan cinta pertama Kurou yang dianggap Kurou sebagai wanita ideal yang disukainya. Rikka juga memiliki kekuatan yang sama seperti Kurou yaitu tidak dapat mati dan dapat menentukan masa depan yang akan terjadi.

D. Kesimpulan

Kyokou Suiri (In / Spectre) adalah anime yang menggabungkan dua tema berbeda yang saling bertolak belakang menjadi sesuatu yang baru dan unik. Dimana tema supernatural yang berbau akan hal-hal mistis digabungkan dengan tema investigasi ala detektif yang membutuhkan logika rasional. Kombinasi baru yang sukses, serta menyegarkan ini sangat layak untuk ditonton dan ditunggu kelanjutan ceritanya.

Nilai Final : 8.0

Post a Comment for "Kyokou Suiri (In / Spectre) Review"