Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jibaku Shounen Hanako-kun Review


Judul :
Jibaku Shounen Hanako-kun
Genre :
Comedy, School, Supernatural
Episode :
12 Episodes
Studio :
Lerche
Tanggal Rilis :
10 Januari 2020 ( Winter 2020 )
Durasi :
24 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song  - “No.7” by Jibaku Shounen Band
Ending Song  - “Tiny Light” by Akari Kitou


A. Plot

Jibaku Shounen Hanako-kun berpusat pada hantu Hanako yang bergentayangan di toilet perempuan. Hal yang berbeda disini adalah hantu Hanako yang umumnya dikenal sebagai hantu anak perempuan ternyata adalah hantu anak laki-laki. Cerita bermula ketika Yashiro Nene, seorang siswi SMA Kamome yang meminta bantuan kepada hantu Hanako untuk membantuny dalam urusan percintaan. Namun, Hanako tidak membantu Yashiro dengan kekuatan supernatural yang dimilikinya, melainkan menggunakan buku panduan percintaan yang dapat ditemukan di toko-toko buku pada umumnya.

Konsep utama dari anime ini adalah membahas mengenai 7 misteri populer SMA Kamone yang berhubungan dengan roh/ arwah yang bergentayangan di sekolah tersebut. Masing-masing dari 7 misteri memiliki dunia dan bentuk roh/ arwah yang berbeda. Untuk hantu Hanako sendiri berada pada posisi ke-7 dalam 7 misteri SMA Kamone. Hanako memiliki tugas untuk menjaga keseimbangan antara dunia roh dan dunia manusia. Agar para roh/ arwah tidak semena-mena kepada manusia maupun sebaliknya.

Dilihat dari konsep cerita anime ini sendiri sebenarnya sudah sangat menarik dan membuat penonton penasaran untuk segera menontonnya. Walaupun konsep yang sudah bagus, tetapi entah mengapa perkembangan cerita yang dibuat seolah-olah tidak terlihat nyata (seperti dibuat-buat). Seperti pada saat bagian serius/ menegangkan sedang berlangsung, selalu saja ada adegan komedi yang diselipkan menjadikan adegan yang sudah serius itu dibuat seolah-olah seperti adegan tidak penting. Mungkin ini hanya sekedar pendapat pribadi penulis ( atau mungkin ada juga penonton yang merasa demikian ?)

Nilai Plot : 7.0

B. Grafis dan Animasi






Grafis dan animasi pada anime ini bisa dibilang sangat unik dan berbeda dengan animasi anime pada umumnya. Untuk bagian penggambaran karakter, dibuat dengan art semi-chibi yang cukup unik dan atraktif ketika dilihat. Tidak hanya itu, untuk segi pewarnaan bisa dibilang sangat colorful, karena baik dari segi pewarnaan karakter ataupun pada backgorund yang diperlihatkan dipenuhi dengan warna-warni seperti nuansa dalam negeri dongeng. Untuk bagian animasi sendiri sudah cukup baik dan tidak ada gerakan yang terlihat begitu kaku.

Nilai Grafis dan Animasi : 8.5

C. Casts

Hanako-kun / Amane Yugi


Misteri No.7 SMA Kamome yang sekaligus adalah karakter utama dalam seri ini. Hanako memiliki kemampuan untuk mengabulkan permintaan “manusia” apabila dimintai bantuan, namun tentu saja ada “bayaran” yang harus dilakukan. Hanako-kun memiliki sifat yang ceria dan sering berbuat jahil kepada Yashiro. Walaupun demikian, Hanako sangat perhatian dan peduli kepada Yashiro.


Yashiro Nene


Karakter utama dalam anime ini yang sekaligus sebagai “asisten pribadi” Hanako-kun. Yashiro sering sekali ke-geeran  dan berimajinasi memiliki pacar seorang cogan (cowok ganteng) yang nyatanya tidak pernah terjadi. Yashiro memiliki sifat yang cukup percaya diri dan juga peduli terhadap Hanako-kun.


Minamoto Kou


Berasal dari Klan Minamoto yang merupakan spesialis dalam mengusir roh/ arwah gentayangan. Kou merasakan adanya arwah gentayangan di SMA Kamone dan berusaha untuk mengusirnya, lebih tepatnya adalah mengusir hantu Hanako-kun.


Tsukasa Yugi


Adik kembar dari Hanako-kun. Apabila Hanako-kun memiliki kemampuan untuk mengabulkan keinginan “manusia”, maka Tsukasa memiliki kemampuan untuk mengabulkan keinginan para roh/ arwah. Walaupun Tsukasa adalah adik kembar dari Hanako-kun, Tsukasa memiliki sifat psikopat, dimana dia tidak akan segan-segan membunuh para arwah apabila tidak melakukan hal-hal yang diinginkannya.


Nanamine Sakura


Nanamine Sakura adalah anggota klub penyiaraan SMA Kamome. Sakura merupakan “asisten manusia” dari Tsukasa. Sakura bertugas untuk merubah rumor-rumor para arwah di SMA Kamome yang merupakan perintah dari Tsukasa.


Hyuuga Natsuhiko


Salah satu anggota klub penyiaraan SMA Kamome. Natsuhiko memiliki sifat over confidence dan selalu bersikap sok keren ketika berhadapan dengan perempuan. Natsuhiko sering mengejar cinta Sakura, namun selalu ditolak mentah-mentah.


Mitsuba Sousuke


Mitsuba adalah roh/ arwah genyatangan yang sering menunjukkan diri di dekat loker sepatu SMA Kamome. Sebelum meninggal, Mitsuba adalah anggota klub fotografi di SMA Kamome. Mitsuba juga merupakan teman sekelas Kou pada saat ia SMP.



Akane Aoi



Teman baik dan juga teman sekelas Yashiro. Akane merupakan siswi populer di kalangan para siswa laki-laki di kelasnya, yang mana merupakan kebalikan dari Yashiro. Akane mengetahui semua cerita yang berhubungan dengan 7 misteri SMA Kamome.


Minamoto Teru



Salah satu cogan ( cowok ganteng ) yang merupakan siswa laki-laki idaman Yashiro. Minamoto Teru adalah kakak kandung dari Minamoto Kou yang juga berasal dari Klan Minamoto, klan yang memiliki spesialisi dalam mengusir roh/ arwah.

D. Kesimpulan

Jibaku Shounen Hanako-kun menawarkan konsep cerita unik yang mana berasal dari rumor 7 misteri yang terdapat di sekolah-sekolah. Pada anime ini berpusat pada 7 misteri SMA Kamome. Hal yang merupakan keunikan (Mungkin saja hal yang cukup mengganggu bagi sebagian penonton. Mungkin cuman pendapat pribadi penulis) adalah dimana unsur komedi yang cukup “mengganggu”. Dimana selipan komedi ini membuat cerita telah dibangun dengan cukup intense berakhir dengan tidak adanya kejadian yang berdampak secara signifikan, “seperti angin lalu saja”. Gaya bercerita pengarang dalam seri ini mungkin menimbulkan pro dan kontra dari masing-masing penonton. Namun yang pastinya anime Jibaku Shounen Hananko-kun menawarkan plot yang menarik dan “gaya bercerita unik” yang layak untuk diikuti.

Nilai Final : 7.75

Post a Comment for "Jibaku Shounen Hanako-kun Review"