Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen Review


Judul :
Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen ( Kaguya-sama: Love is War )
Genre :
Comedy, Psychological, Romance,  School, Seinen
Episode :
12 Episodes
Studio :
A-1 Pictures
Tanggal Rilis  :
12 Januari 2019 ( Winter 2019 )
Durasi :
25 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song  - “Love Dramatic feat. Rikka Ihara” by Masayuki Suzuki
Ending Song  - “Sentimental Crisis” by halca 


A. Plot

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen adalah anime yang menceritakan seorang siswa laki-laki dan siswi perempuan yang saling mencintai, namun tidak ingin mengungkapkan perasaan mereka duluan. Mereka adalah Shirogane Miyuki dan Shinomiya Kaguya. Mereka beranggapan bahwa “Siapa yang duluan mengungkapkan perasaannya, maka dialah yang kalah”.

Sekilas plot yang disajikan memang terlihat sangat mainstream, seperti anime romcom (romance-comedy) pada umumnya. Sesuatu yang membedakan anime ini dengan anime romcom lainnya adalah, konsep dimana tokoh utama berusaha untuk membuat gadis / laki-laki yang ditaksirnya, mengunggkapkan perasaannya kepada mereka duluan. Bisa dibilang tokoh utama di dalam anime ini “sok jual mahal / naif”.

Namun, sebenarnya plot yang disajikan ini “cukup menipu”. Dimana konsep untuk saling menaklukan seseorang bukanlah konsep utama dari anime ini. Konsep utama anime ini sebenarnya berpusat pada Shinomiya Kaguya. Shinomiya Kaguya memiliki konflik keluarga yang cukup rumit karena terlahir dari keluarga konglomerat yang berpengaruh di negara tempat dia tinggal. Shinomiya Kaguya memiliki masa lalu yang cukup gelap karena selalu “diproteksi” oleh keluarganya. Dia tidak memiliki kebebasan seperti remaja pada umumnya, karena setiap kegiatan yang dilakukan selalu dipantau oleh pelayan pribadi yang dipekerjakan oleh keluarganya.

Konsep ini sebenarnya cukup menarik dan membuat penonton penasaran akan masa lalu dari Shinomiya Kaguya sendiri. TETAPI, YANG DIPERLIHATKAN PADA SEASON 1 INI DARI AWAL EPISODE HANYALAH ADEGAN “FLIRTING dan komedi” ANTAR TOKOH YANG TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN CERITA UTAMA. Pada bagian akhir episode baru diperlihatkan konflik keluarga Shinomiya Kaguya yang sebenarnya. Dimana ini cukup disayangkan karena penonton seakan hanya menonton episode filler di awal.

Nilai Plot : 7.5

B. Grafis dan Animasi





Grafis dan animasi pada anime ini sudah cukup baik. Kualitas animasi studio A-1 Pictures memang tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak anime terkenal yang digarap dengan kualitas animasi yang bagus. Sebut saja yang paling terkenal adalah anime Sword Art Online. Penggambaran karakter dan background sudah cukup detail. Animasi yang diperlihatkan juga sudah cukup halus dan baik.

Nilai Grafis dan Animasi : 8.0

C. Casts

Shinomiya Kaguya


Wakil Ketua OSIS yang menawan dan sangat populer dikalangan para siswa laki-laki dan siswi perempuan. Dialah Shinomiya Kaguya. Gadis berkelas yang memiliki derajat dan kasta tinggi sekaligus anak dari konglomerat paling berpengaruh di negera tempat dia tinggal. Tidak ada satupun lelaki dan bahkan perempuan yang tidak tertarik padanya. Walaupun dikatakan “sempurna”, Shinomiya Kaguya memiliki kekurangan yang sangat fatal yaitu, sangat gaptek.


Shirogane Miyuki


Shirogne Miyuki merupakan ketua OSIS yang sangat populer di tempat dia bersekolah. Hampir tidak ada siswa/i yang tidak mengenalnya. Nilai akademis yang dimilikinya merupakan yang tertinggi di sekolah. Walaupun terlihat sempurna, Shirogane Miyuki bukanlah anak dari seorang konglomerat terkenal, melainkan dia harus melakukan banyak pekerjaan paruh-waktu sambil bersekolah.


Fujiwara Chika


Fujiwara Chika adalah satu anggota OSIS yang bertugas sebagai sekretaris. Fujiwara Chika merupakan teman baik dari Shinomiya Kaguya yang sudah saling mengenal semenjak SMP.


Ishigami Yuu


Ishigami Yuu adalah salah satu anggota OSIS yang bertugas sebagai bendahara. Walapun Ishigami Yuu adalah salah satu anggota OSIS, dia memiliki nilai akademis yang sangat buruk dan juga otaku garis keras. Dia hanya pandai dalam urusan menghitung dan menggunakan komputer.


Hayasaka Ai


Hayasaka Ai adalah pelayan/maid pribadi dari Shinomiya Kaguya. Dia bekerja secara langsung dan tinggal di kediaman Kaguya yang bertugas mengurus seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan Kaguya, termasuk mengganti pakaian Kaguya-sama ( ͡° ͜ʖ ͡°).


Shirogane Kei


Shirogane Kei adalah adik kandung dari Shirogane Miyuki.

D. Kesimpulan

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen adalah anime yang memiliki tema dominan komedi pada awalnya. Namun dibalik kejenakaan tingkah laku antar tokoh, terdapat unsur cerita yang cukup gelap dan sangat menarik apabila diperlihatkan lebih banyak. Terutama pada masa lalu Kaguya sendiri, yang sayangnya pada season 1 ini hanya diceritakan sedikit.

Nilai Final : 7.75

Post a Comment for "Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen Review"