Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Magia Record: Mahou Shoujo Madoka Magica Gaiden Review


Judul :
Magia Record: Mahou Shoujo Madoka Magica Gaiden Review
Genre :
Psychological, Drama, Magic, Thriller
Episode :
13 Episodes
Studio :
Shaft
Tanggal Rilis            :
05 Januari 2020 ( Winter 2020 )
Durasi :
23 Menit per episode
Soundtrack  :
Opening Song 1 - “Gomakashi” by TrySail
Ending Song 1 - “Alicia” by ClariS
Ending Song 2 - “Niguredo” by Shito


A. Plot


Sebagian pembaca yang melihat judul review kali ini mungkin sudah akrab dengan anime berjudul mahou shoujo madoka magica, yakni anime mahou shoujo yang memulai tren alur cerita suram. Magia record merupakan adaptasi dari game smartphone yang berjudul sama, yaitu magia record. Eitss.. jangan langsung berpikiran negatif dulu! Pada anime magia record ini meskipun dari game smartphone, anime ini bagi penulis tetap memiliki alur cerita yang baik dan tidak ada keluhan yang besar pada anime ini.

Magia record menceritakan tentang seorang pelajar bernama Tamaki Iroha yang tentu saja adalah seorang mahou shoujo juga. Meski Iroha menjalani kehidupan layaknya mahou shoujo lainnya setiap hari, ternyata Iroha sama sekali tidak mengingat permintaan yang ia buat saat ia menjalin kontrak dengan kyuubey.


Seiring berjalannya alur cerita, ia mengingat bahwa ia memiliki seorang adik yang bernama Tamaki Ui. Iroha mengingat bahwa ia Ui pernah menginap pada rumah sakit di kota Kamihama, namun ia sama tidak memiliki bukti keberadaan Ui. Bahkan foto yang dipajang pada kamarnya terasa janggal, seolah ada seorang yang kurang dari foto tersebut.

Iroha pun kemudian pergi ke kota Kamihama untuk mencari adiknya, Ui. Namun, kota Kamihama ternyata menyimpan lebih banyak misteri dan Iroha pun berusaha memecahkan misteri tersebut sembari mencari Ui bersama dengan teman sesama mahou shoujo lainnya di kota Kamihama.

Nilai Plot : 7.5

B. Grafik


Sebelum memulai, perlu diketahui bahwa anime magia record diproduksi oleh studio shaft sehingga layaknya anime shaft pada umumnya, anime ini juga didesain ala drama pada theater. Tentu ini bukan masalah, namun penulis perlu mengingatkan pada awal sebab ada beberapa penonton yang kurang menyukai animasi dan grafik ala drama theater tersebut.



Bagi penulis, grafik dan desain pada anime magia record ini sebenarnya tidak ada keluhan sama sekali. Desain ala drama theater tersebut bagi penulis justru menjadi ketertarikan tersendiri dari anime yang diproduksi oleh studio shaft dan memiliki nilai seni tersendiri.




Sementara untuk desain karakter dari magia record bagi penulis tidak ada keluhan sama sekali, Tamaki Iroha yang waifuable (meskipun useless XD) serta karakter-karakter lainnya yang juga tidak kalah moe seperti Yachiyo dan Rena.

Nilai Grafik : 8.5

C. Casts

Tamaki Iroha



Iroha tentu saja merupakan karakter utama pada anime ini. Kemampuan yang ia miliki dalam wujud mahou shoujo adalah serangan tipe jarak jauh (sayangnya useless). Seiring berjalan waktu, ia akan memiliki skill lain yang cukup menarik.


Nanami Yachiyo



Yachiyo adalah salah satu mahou shoujo senior dari kota Kamihama. Ia memiliki kemampuan yang kuat dan seiring berjalannya waktu ia menjadi teman Iroha. Yachiyo juga memiliki mengelola sebuah penginapan.


Yui Tsuruno



Tsuruno adalah salah satu mahou shoujo dari kota Kamihama juga. Ia memiliki serangan menggunakan kipas. Tsuruno juga mengelola sebuah tempat makan.


Futaba Sana


Sana adalah seorang mahou shoujo yang memiliki kepribadian pesimis. Ia memiliki keluarga yang kurang harmonis, karena Ibu-nya menikah lagi.


Mitsuki Felicia



Felicia juga merupakan salah satu mahou shoujo yang memiliki hidup suram. Ia sangat membenci majo dan seringkali lepas kendali begitu bertemu majo.


Minami Rena



Rena adalah teman satu kelompok Kaede. Rena memiliki kepribadian tsundere dan memiliki kemampuan untuk menyamar menjadi orang lain.


Akino Kaede


Kaede adalah salah satu dari rekan dari Iroha saat pertama kali datang ke kota Kamihama. Sayangnya setelah mengenal Yachiyo, ia cukup terlupakan oleh Iroha XD.

D. Kesimpulan

Magia record merupakan anime yang menarik untuk ditonton. Bagi yang berniat langsung menonton anime ini tanpa menonton seri mahou shoujo madoka magica tentu tetap bisa juga, namun lebih disarankan menonton terlebih dahulu seri madoka magica agar dapat mengetahui lebih lanjut latar anime satu ini.

Magia record memiliki alur cerita yang teratur dan rapi, namun masih ada beberapa plot yang kurang memuaskan seperti pada awal cerita dimana banyak mahou shoujo akan pergi ke kota Kamihama karena mendapatkan mimpi dimana mereka dapat diselamatkan apabila pergi ke kota Kamihama, namun ternyata banyak mahou shoujo yang belum mengetahui sisi gelap dari mahou shoujo.




Terlepas dari hal tersebut, penulis cukup menikmati anime ini, terutama pada art terakhir pada season 1 anime magia record ini (ya, anime ini akan mendapatkan season 2). Yang mana sepertinya pada akhir cerita magia record akan memunculkan cerita pengkhianatan.


Nilai Final : 8.0

Post a Comment for "Magia Record: Mahou Shoujo Madoka Magica Gaiden Review"