Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Grand Blue Review


Judul :
Grand Blue
Genre :
Comedy, Seinen, Slice of Life
Episode :
12 Episodes
Studio :
Zero-G
Tanggal Rilis :
14 Juli 2018 ( Summer 2018 )
Durasi :
24 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song  - “Grand Blue” by Shounan no Kaze
Ending Song  1 - “Konpeki no Alfine – Nikenme ni Karaoke ni Haitta Oretachi no Tenshion Super MAX ver ” by Izu no Kaze
Ending Song 2 – “Konpeki no Alpine – Kaya Mizuki ver” by Kaya Mizuki

A. Plot

Grand Blue adalah anime yang menceritakan seorang mahasiswa yang mulai tinggal di tempat pamannya, yaitu toko (Grand Blue) yang menyediakan jasa untuk menyelam (diving). Kitahara Iori adalah tokoh utama dalam anime ini yang merupakan mahasiswa baru di sebuah universitas. Iori yang baru saja sampai langsung dipaksa untuk mengikuti klub diving oleh para senior universitas tempatnya kuliah. Namun naasnya, klub diving yang dimasuki Iori berisi orang-orang tidak waras yang suka mabuk-mabukan dan melakukan hal-hal aneh.

Grand Blue adalah anime yang berpusat pada olahraga diving ( menyelam ). Waulupun memiliki konsep cerita diving, anime ini lebih menonjolkan unsur komedinya. Hampir bisa dikatakan komedi adalah tema utama dalam anime ini. Walaupun sangat kental dengan unsur komedi, konsep utama mengenai diving tetap ada. Mulai dari pengetahuan tentang diving, peralatan yang digunakan saat diving, cara berkomunikasi saat melakukan diving, dan berbagai macam hal mengenai diving akan diceritakan.

Berbagai macam kekonyolan dan tingkah laku aneh para tokoh sukses membuat penonton tertawa terbahak-bahak. Bahkan setiap episode yang dipertontonkan memiliki konsep komedi yang berbeda-beda serta terlihat sangat konyol dan tentu saja sangat menggelitik. Disamping unsur komedi yang kental, perkembangan karakter dan latar belakang antar tokoh di setiap episode juga diperlihatkan cukup baik.

Nilai Plot : 8.0

B. Grafis dan Animasi










Pada bagian grafis dan animasi, terdapat bagian yang digambar dengan detail dan ada bagian yang digambar tidak terlalu detail. Pada bagian background ruangan dan bangunan digambarkan tidak terlalu detail. Untuk penggambaran tiap tokoh sudah cukup baik dan detail. Kemudian, yang paling detail digambarkan adalah pemandangan bawah laut yang sangat indah. Berbagai macam terumbu karang, koral, anemon laut dan ikan-ikan laut digambarkan dengan baik. Pada bagian animasi sudah cukup baik, tidak ada gerakan yang terlihat kaku dan cukup halus.

Nilai Grafis dan Animasi : 8.5

C. Casts

Kitahara Iori


Karakter utama anime ini yang merupakan mahasiswa semester baru di sebuah universitas. Iori yang pada awalnya tidak menyukai diving dan bahkan tidak bisa berenang. Dia kemudian membulatkan tekadnya untuk menekuni kegiatan diving.


Kotegawa Chisa


Kotegawa Chisa adalah sepupu Iori. Chisa sangat ahli dalam melakukan diving. Dia juga sangat peduli kepada Iori dan berusaha menyakinkan Iori kalau diving adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.


Imamura Kouhei


Kouhei adalah mahasiswa semester baru yang sama dengan Iori. Kouhei adalah salah satu anggota klub diving. Dia menjadi anggota klub diving secara tidak sengaja karena dijebak oleh Iori. Walaupun memiliki wajah tampan bak pangeran, Kouhei adalah otaku / wibu garis keras.


Yoshiwara Aina


Yoshiwara Aina adalah mahasiswa seangkatan dengan Iori dan Kohei yang pada awalnya memasuki klub tenis. Karena sering diejek dan dikucilkan oleh klub tenis, Aina akhirnya memilih untuk keluar dan memasuki klub diving, karena Iori dan Kohei pernah membantunya di sebuah festival.


Hamaoka Azusa


Hamaoka Azusa adalah salah satu anggota klub diving yang juga merupakan mahasiswi tahun ketiga. Azusa memiliki sifat yang ramah dan juga merupakan senior dari Iori. Untuk alasan tertentu, Azusa sangat akrab dengan Iori.


Kotegawa Nanaka


Kotegawa Nanaka adalah kakak kandung dari Kotewaga Chisa. Nanaka memiliki sifat yang lembut dan ramah. Walaupun terlihat ramah dan normal, Nanaka memiliki kepribadian aneh akut yaitu siscon (sister complex).


Tokita Shinji


Tokita Shinji adalah salah satu senior dari Iori di klub diving. Memiliki badan kekar bak binaragawan membuatnya terlihat sangat cool. Walaupun terlihat cool, Tokita merupakan salah satu orang aneh dan tidak waras di klub diving.


Kotobuki Ryuujirou


Kotobuki adalah salah satu anggota klub diving yang seangkatan dengan Tokita Shinji. Level ketidakwarasan Kotobuki sama dengan Tokita, dimana sudah pada level akut yang tidak dapat tertolong lagi. LOL.



Kotegawa Toshio



Paman dari Iori yang merupakan ayah kandung dari Chisa dan Nanaka. Kotegawa Toshio adalah pemiliki toko Grand Blue.

D. Kesimpulan

Grand Blue merupakan salah satu rekomendasi anime bagi mereka yang menyukai genre komedi. Adegan komedi super kocak dan tidak masuk akal yang sangat menghibur bagi siapapun yang menontonnya. Disamping unsur komedi yang kental, Grand Blue juga menyelipkan berbagai macam pengetahuan mengenai diving yang dapat menjadi sumber pengetahuan tambahan bagi siapapun yang menontonnya. Perkembangan karakter antar tokoh yang unik dan menarik juga merupakan salah satu nilai tambah dari anime ini.

Nilai Final : 8.25

Post a Comment for "Grand Blue Review"