Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kakushigoto Review


Judul :
Kakushigoto (Hidden Things)
Genre :
Comedy, Shounen, Slice of Life
Episode :
12 Episodes
Studio :
Ajia-Do
Tanggal Rilis :
02 April 2020 ( Spring 2020 )
Durasi :
23 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song  - “Chiisana Hibi” by flumpool
Ending Song  - “Kimi wa Tenneniro” by Eiichi Ootaki

A. Plot

Kakushigoto adalah anime yang menceritakan tentang seorang mangaka terkenal bernama Gotou Kakushi. Gotou Kakushi berusaha untuk menyembunyikan profesinya sebagai mangaka dari putri kandungnya, Gotou Hime, dengan alasan berprofesi sebagai karyawan swasta. Alasan dibalik Gotou Kakushi menyembunyikan profesinya adalah, karena manga yang digambarnya merupakan manga yang bertemakan komedi erotis (dirty jokes). Jujur saja pertama kali melihat cover anime ini, saya kira ini om-om, entah mungut anak kecil dari mana lalu dibesarin buat dijadiin bini.

Kakushigoto ini merupakan anime yang kental akan unsur komedi. Hampir setiap episode memiliki adegan komedi dari awal hingga akhir. Aksi konyol Gotou Kakushi dan para asistennya yang sangat kocak sukses mengocok perut penonton dengan tingkah laku mereka. Terutama editor dari Gotou Kakushi yang bernama, Tomariun Satsuki.

Namun, ada namunnya ini. Namunnya ini yang gak enak.

Sebenarnya dari awal udah ketebak, disaat Hime datang mengunjungi bangunan tua yang merupakan rumah Gotou Kakushi dan dia tinggal bersama dulu. Terlebih lagi, kenapa Hime datangnya sendiri ? Kemana Gotou Kakushi ?

Dari awal dibuat ketawa, tapi pas udah di ujung episode dibuat nangis, kan gak lucu bro ? Nah inilah plot twist yang sebenarnya udah ketebak diawal tapi masih sukses membuat penonton terbawa suasana dan BOOM! Mewek kan lu dibuatnya ?

Nilai Plot : 8.5

B. Grafis dan Animasi











Pada bagian grafis dan animasi pada anime ini dibagi menjadi dua visual yang berbeda. Anggap saja “visual jelek” dan “visual bagus”. Ada alasan kenapa terdapat dua visual yang berbeda. “Visual jelek” yang selalu diperlihatkan ketika bagian Gotou Kakushi dan Hime yang masih berumur 10 tahun. “Visual jelek” ini menandakan kalau timeline yang terjadi merupakan flashback, dimana merupakan kenangan Hime bersama dengan ayahnya, Gotou Kakushi. Sedangkan “visual bagus” merupakan timeline kejadian saat ini (yang sedang berlangsung) atau kejadian disaat Hime yang sudah berusia 18 tahun. Baik “visual jelek” maupun “visual bagus” digambarkan dengan kualitas yang bagus. “Visual jelek” ini memiliki cara penggambaran yang unik dan cukup bagus. Sedangkan “visual bagus” sudah tidak perlu ditanyakan lagi kualitasnya, yang pastinya sangat baik. Mungkin yang menjadi kekurangan adalah penggambaran antar karakter yang ada, sengaja dibuat kurang detail. Mungkin saja mengikuti art dari manga-nya sendiri ?

Nilai Grafis dan Animasi : 8.5

C. Casts

Gotou Kakushi




Karakter utama om-om penyuka loli dalam anime ini merupakan seorang mangaka yang cukup terkenal. Buktinya Gotou-sensei memiliki 4 orang asisten yang membantunya (duitnya banyak cuy).


Gotou Hime (10 tahun & 18 tahun)



Gotou Hime adalah putri kandung satu-satunya yang dimiliki oleh Gotou Kakushi. Sejak kecil dia sudah hidup dengan ayahnya, tanpa adanya kasih sayang dari seorang ibu.


Tomaruin Satsuki


Tomaruin Satsuki merupakan editor dari Gotou-sensei. Dia memiliki kepribadian yang acuh tak acuh dan mulutnya ember bet (pokoknya ini orang ngeselin, tapi kalo gak ada dia gak lucu).


Keshi Kakeru


Keshi Kakeru adalah salah satu dari 4 asisten yang membantu mengerjakan manga miliki Gotou-sensei. Walaupun kerjaannya cuma ngapusin garis atau coretan yang berlebih. LoL.


Kakei Ami


Kakei Ami adalah salah satu asisten Gotou-sensei. Kalau yang tadi kerjaannya cuman ngapusin garis atau coretan, nah yang ini kerjaannya nambahin garis-garis  pada background manga. (Intinya ni cewek yang ngebuat Kakei punya kerjaan)


Sumita Rasuna


Sumita Rasuna adalah salah satu dari 4 asisten yang membantu pengerjaan manga Gotou-sensei. Kalau gak ada ni cewek gak betah dah nontonnya.


Shiji Aogu


Shiji Aogu juga merupakan asisten dari Gotou-sensei. Dah gitu aja penjelasannya.


Rokujou Ichiko


Rokujou Ichiko adalah harem Gotou Kakushi guru yang mengajar di sekolah tempat Hime belajar.


Nadila


Nadila adalah TKW Indonesia yang merantau ke Jepang sebagai asisten rumah tangga Gotou-sensei yang membantunya mengurusi Hime di rumah. (Serius ini karakter dari Indonesia, mantaplah pokoknya)


Senda Naru


Senda Naru adalah salah satu harem Gotou-sensei siswi SMA yang bercita-cita menjadi seorang Idol. Dia juga berteman baik dengan Hime.


Mario


Maskot dalam anime ini Mario adalah kenalan dari Gotou-sensei yang membuka sebuah toko baju. Buktinya jas yang dipakai oleh Gotou-sensei untuk menyamar sebagai karyawan swasta berasal dari toko Mario.

D. Kesimpulan

Kakushigoto adalah anime dengan tema komedi yang ringan tapi diam-diam menghanyutkan. Plot twist yang ada di dalamnya menjadi kejutan serta membuat anime ini sangat bagus. Ada juga pesan moral yang terkandung di dalam anime ini. Dimana kasih sayang seorang ayah kepada anaknya sangat tulus dan akan melakukan apapun demi kebahagian anaknya.

Jadi kesimpulannya adalah, NONTON AJALAH UDAH.


Nilai Final : 8.5

Post a Comment for "Kakushigoto Review"