Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Musaigen no Phantom World Review


Judul :
Musaigen no Phantom World
Genre :
Action, Comedy, Fantasy, Slice of Life, Supernatural
Episode :
13 Episodes
Studio :
Kyoto Animation
Tanggal Rilis :
07 Januari 2016 ( Winter 2016 )
Durasi :
24 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song – “Naked Dive” by SCREEN mode
Ending Song – “Junshin Always” by Azusa Tadokoro


A. Plot

Musaigen no Phantom World adalah anime yang menceritakan dimana otak manusia yang terinfeksi oleh sebuah virus. Virus ini membuat manusia dapat melihat hal-hal supranatural yang pada dasarnya hanyalah sebuah ilusi yang yang tidak nyata menjadi sebuah objek yang nyata. Hal-hal supranatural ini disebut dengan Phantom. Phantom memiliki wujud yang tidak jauh berbeda dengan monster-monster pada umumnya. Tidak semua Phantom melakukan hal buruk pada manusia, tetapi ada juga Phantom yang tidak menyakiti manusia.

Ichijou Haruhiko adalah murid SMA dalam sebuah sekolah khusus pembasmi Phantom yang memiliki kemampuan khusus untuk melawan para Phantom. Haruhiko tergabung dalam tim pembasmi Phantom bersama dengan Kawakami Mai. Mereka berdua bertugas untuk mengatasi setiap masalah yang dibuat oleh Phantom dan menyegelnya.

Sebenarnya kesan pertama saat nonton anime ini cukup keren. Setiap awal episode di buka dengan narasi Haruhiko mengenai berbagai macam topik mengenai teori-teori ilmuan dan cerita-cerita sejarah. Namun, ketika masuk ke cerita utama, rasanya biasa aja. Hal yang membuat biasa tidak lain adalah konsep utama anime ini mengenai Phantom. Intinya Haruhiko dkk hanya bertugas untuk mengalahkan Phantom yang membuat onar, dah gitu aja. Tidak ada yang spesial sebenarnya. Walaupun demikian, cerita background antar karakter cukup menarik untuk di ikuti.

Nilai Plot : 7.0


B. Grafis dan Animasi







Pada bagian grafis dan animasi, bisa dibilang digarap dengan sangat baik. Kualitas anime garapan Kyoto Animation memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Detail karakter, detail background, detail animasi dan gerakan setiap karakater beserta efek-efek dalam adegan aksi sangat baik dan halus. Untuk kualitas anime episodic yang seperti ini sudah hampir setara dengan kualitas anime movie yang pasalnya memiliki durasi lebih pendek dari anime epidosic!

Nilai Grafis dan Animasi : 9.0


C. Casts

Ichijou Haruhiko

Ichijou Haruhiko adalah karakter utama dalam anime ini yang memiliki kemampuan untuk menyegel para Phantom dengan menggambarkan bentuk Phantom yang akan di segel ke dalam sebuah buku sketsa. Selain kemampuan menyegel, Haruhiko juga dapat memanggil Phantom dengan menggambarkan bentuk Phantom yang akan di panggil menggunakan buku sketsa.


Kawakami Mai

Kawakami Mai adalah kakak kelas dari Haruhiko. Mai dan Haruhiko berada dalam satu tim yang sama. Mai memiliki kemampuan fisik paling kuat diantara anggota kelompok lainnya.

 

Izumi Reina

Izumi Reina adalah anggota ketiga yang bergabung dengan tim Haruhiko. Reina memiliki kemampuan untuk menyegel Phantom dengan cara dimakan (LoL) dan kemampuan untuk menyembuhkan luka.


Minase Koito

Minase Koito adalah anggota keempat yang bergabung dengan tim Haruhiko. Koito memiliki kemampuan untuk menyerang Phantom menggunakan suaranya.

 

Kumamakura Kurumi

Kumamakura Kurumi adalah anggota terakhir yang bergabung dengan tim Haruhiko. Kurumi memiliki kemampuan untuk mengubah boneka yang dibawanya menjadi ukuran raksasa untuk bertarung melawan Phantom.


Ruru

Ruru adalah Phantom yang selalu mengikuti Haruhiko kemana pun Haruhiko berada. Belum diketahui secara pasti asal darimana, namun Ruru merupakan Phantom yang diciptakan secara tidak sadar oleh Haruhiko.

 

Himeno Arisu

Himeno Arisu adalah guru yang mengajar di sekolah tempat Haruhiko dkk bersekolah. Arisu merupakan orang yang memberikan informasi mengenai kemunculan Phantom kepada para siswa untuk segera diatasi.


D. Kesimpulan

Musaigen no Phantom World adalah anime yang penuh dengan imajinasi. Kental dengan konsep fantasi dan aksi. Apabila kalian menyukai anime dengan grafis detail dan bagus, maka anime ini adalah pilihan yang paling cocok untuk di tonton. Tetapi, apabila kalian lebih mementingkan plot yang serius, berat, rumit, dan penuh dengan drama maka anime ini kurang cocok untuk di tonton. Namun secara keseluruhan anime ini tidaklah buruk, dengan grafis yang memanjakan mata dilengkapi dengan plot ringan yang tidak begitu berat cukup layak untuk di tonton.

Nilai Final : 8.0

Post a Comment for "Musaigen no Phantom World Review"