Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enen no Shouboutai Review

Judul :
Enen no Shouboutai
Genre :
Action, Supernatural, Shounen
Episode :
24 Episodes
Studio :
David Production
Tanggal Rilis :
6 Juli 2019 ( Summer 2019  )
Durasi :
23 Menit per episode
Soundtrack :
Opening Song 1 - “Inferno ” by Mrs.GREEN APPLE
Opening Song 2 - “MAYDAY feat. Ryo from CRYSTAL LAKE” by coldrain
Ending Song 1 - “veil” by Keina Suda
Ending Song 2 - “Nounai” by Lenny code fiction


A. Plot

Enen no shouboutai adalah anime action dengan latar cerita dimana umat manusia dihantui oleh fenomena seseorang dapat saja tiba-tiba saja terbakar dan menjadi makhluk sejenis zombie dengan kekuatan api yang disebut dengan manusia api.

Guna untuk mengistirahatkan manusia api tersebut terdapat sekelompok divisi khusus “pemadam kebakaran” yang dihuni oleh berbagai orang yang umumnya memiliki ragam kekuatan yang unik “supernatural” menggunakan api, seperti tokoh utama anime ini, Kusakabe Shinra yang memiliki kekuatan api dari generasi ketiga.

Anime enen no shouboutai menawarkan jalan cerita yang sangat menarik dari genre action. Bahkan pada saat anime baru akan mulai ditayangkan sudah masuk dalam daftar anime yang dipertimbangkan oleh para penonton.

Meski mungkin hanya dari membaca sinopsis, anime satu ini terasa datar karena para karakter dalam anime ini hanya memiliki kekuatan elemen api, namun pengarang cerita anime ini memang layak dipuji sebab berkat kreatifitasnya, meski dasar kekuatan dalam anime hanya satu, yakni api, namun dapat dibuat menjadi beragam, bahkan ada karakter yang menggunakan api untuk menghasilkan kekuatan es.

Setidaknya akan lebih mudah untuk langsung bagi pembaca untuk menonton anime saja, bagi orang yang menyukai cerita action dan kekuatan superpower anime ini sudah jelas direkomendasikan oleh penulis.

Nilai Plot : 8.0

 

B. Grafis

Dari segi desain jujur saja pada awalnya sama sekali kurang menarik bagi penulis, dari segi desain latar belakang, anime enen no shouboutai juga masuk kategori tidak spesial dan juga tidak buruk.

Setidaknya penulis cukup yakin ada segelintir penonton yang akan berpikiran sama dengan penulis. Namun apabila sudah terbiasa, rasanya desain anime ini sebenarnya normal dan terasa pas dengan cerita yang disajikan.








Nilai Grafis : 7.0

 

C. Casts

Kusakabe Shinra

Shinra, tokoh utama dari anime ini. Sering dijuluki sebagai iblis juga sebab pada semasa kecil, ia menjadi satu-satunya orang yang selamat pada kejadian “kebakaran” yang terjadi pada keluarganya.


Iris

Iris merupakan seorang suster dari unit pemadam kebakaran spesial ke-8. Tugas dari suster ialah mendoakan manusia api pada saat petugas lainnya “menenangkan” manusia api tersebut.


Kotatsu Tamaki

Tamaki sebenarnya bukan anggota dari unit pemadam kebakaran spesial ke-8, namun dikarena suatu kejadian yang terjadi, ia nantinya akan bergabung sementara dengan unit ke-8. Tamaki juga merupakan bahan fan service dari anime ini.


Oze Maki

Maki merupakan senior Shinra di unit ke-8. Ia merupakan mantan prajurit militer, dan memiliki kekuatan fisik yang kuat.


Boyle Arthur

Arthur merupakan teman dari Shinra yang akan bergabung pada unit ke-8 juga. Meskipun memiliki perawakan yang mungkin terlihat konyol, namun sebenarnya ia memiliki cerita yang gelap pada masa kecilnya, namun baru akan diceritakan pada season 2 anime ini.


Oubi Akitaru

Oubi merupakan kapten dari unit ke-8. Berbeda dengan prajurit lainnya, ia ternyata tidak memiliki kekuatan api sama sekali, namun jangan salah, ia tidak kalah hebat pada pertempuran nyata.


Hinawa Takehisa

Hinawa merupakan wakil kapten unit ke-8. Ia terlihat memiliki kepribadian yang serius, namun sebenarnya ia merupakan wakil kapten yang baik.


Benimaru Shinmon

Benimaru merupakan ketua dari unit ke-7. Ia juga dikenal sebagai prajurit pemadam kebakaran terkuat.


Burns Leonardo

Burns merupakan kapten unit ke-1. Burns meskipun sudah tua dari penampilannya, ia masih sangat kuat, bahkan menyimpan banyak misteri yang dirahasiakan.


Flam Karim

Karim berasal dari unit ke-1. Ia memiliki kekuatan yang cukup unik, yakni mengubah api menjadi es.


Giovanni

Giovanni berasal dari unit ke-3. Sesuai penampilannya yang buruk rupa, sifatnya juga buruk rupa.


Hibana

Hibana merupakan kapten unit ke-5. Ia berasal dari panti asuhan yang sama dengan Iris semasa kecil.


Hikage & Hinata

Dua kembaran ini berasal dari prajurit ke-7 dan dekat dengan benimaru.


Rekka Hoshimiya

Rekka berasal dari unit ke-1. Ia memiliki kepribadian yang sangat riang bahkan terlalu periang.


Joseph Vulcan

Vulcan merupakan sebuah mekanik yang jenius, bahkan diincar oleh banyak unit spesial pemadam kebakaran lainnya.


Isaribi Lisa

Lisa dapat dikatakan merupakan asisten dari Vulcan.


Kusakabe Shou

Shou merupakan adik dari Shinra.


Licht Viktor

Licht adalah seorang ilmuan, penulis awalnya sempat mengira Licht akan menjadi pengkhianat di unit ke-8, namun ternyata Licht bukan pengkhianat.


Sagamiya Konro

Konro merupakan wakil kapten unit ke-7. Ia awalnya cukup kuat, namun karena melawan “iblis api” (manusia api dengan kekuatan lebih besar), ia menggunakan kekuatannya secara berlebihan.


Joker

Sesuai namanya, Joker merupakan karakter yang “menyimpang” dari anime ini. Tidak jahat, namun juga tidak dapat dikatakan orang baik.

 

D. Kesimpulan

Secara keseluruhan, ketika penulis menyelesaikan anime ini, enen no shouboutai memiliki cerita yang menarik. Baik dari adegan laga, hingga kisah yang diceritakan dalam anime ini. Banyak misteri yang akan diungkapkan secara perlahan, ikut membuat perkembangan cerita dalam anime ini terasa menarik.

Tidak ketinggalan juga seperti yang diungkapkan oleh penulis pada awal review ini, pengarang anime ini sungguh kreatif, terutama dalam mengeksplorasi kekuatan para karakter dalam anime ini, meskipun semua tokoh telah dibatasi dengan hanya memiliki kemampuan elemen api saja. Apabila anime enen no shouboutai layak dicoba atau tidak, maka penulis akan mengatakan layak, terutama bagi penggemar anime laga.

Nilai Akhir : 7.5

Post a Comment for "Enen no Shouboutai Review"