Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JoJo no Kimyou na Bouken Part 4: Diamond wa Kudakenai Review

Judul  :
JoJo’s Bizarre Adventure Part 4: Diamond is Unbreakable
Genre :
Action, Adventure, Comedy, Drama, Shounen, Supernatural
Episode :
39 Episodes
Studio :
David Production
Tanggal Rilis :
02 April 2016 ( Spring 2016 )
Durasi :
24 menit per episode
Soundtrack :
Opening Song 1 - “Crazy Noisy Bizarre Town” by THE DU
Opening Song 2 - “chase” by batta
Opening Song 3 - “Great Days” by Karen Aoki, Daisuke HasegawaEnding Song 1 - “I WANT YOU” by Savage Garden
Ending Song 2 - “Great Days -Units Ver” by JO UNITED


A. Plot

Kota Morioh adalah kota kecil yang damai dan tenang, tetapi belakangan ini sering terjadi aktivitas-aktivitas aneh yang bermunculan di kota ini. Joutarou Kuujou yang sekarang adalah seorang ahli biologi angkatan laut, berangkat menuju kota Morioh untuk menemui Higashikata Jousuke. Jousuke adalah anak tidak sah (anak haram) dari kakek Joutarou, yakni Joseph Joestar. Bisa dibilang mereka adalah saudara sepupu karena masih memiliki hubungan darah. Walaupun Joutarou lebih tua padahal statusnya cucu Joseph sedangkan Jousuke yang berstatus sebagai anak Joseph masih anak kelas 1 SMA (LoL). Bersama dengan Hirose Koichi dan Nijimura Okuyasu, mereka berempat mendedikasikan diri untuk melakukan investigasi tentang kejanggalan-kejanggalan yang belakangan ini sering terjadi dan juga banyaknya kasus orang hilang di Kota Morioh.

Untuk Part 4 kali ini, kesan saya ketika selesai menontonnya adalah ada yang terasa agak kurang. Apabila dibandingkan dengan cerita yang ada di Part 3 sebelumnya, saya bilang Part 4 ini kalah dari Part 3. Padahal ketika saya menonton episode 1 nya itu benar-benar mind-blowing. Gak habis thinking saya, soalnya benar-benar membuat saya penasaran dengan kelanjutan cerita di Part 4 ini. BENAR-BENAR BAGUS. NAMUN…

Hal yang membuat kualitas cerita Part 4 ini agak menurun adalah adanya beberapa episode yang kesannya seperti “filler” yang menurut saya tidak ada hubungannya dengan cerita utama di Part 4 ini. Menurut saya pribadi hal tersebut cukup mengganggu, walaupun memang bisa dikatakan “filler” tersebut masih bagian cerita dari Part 4 ini.

Lanjut, kesan minus-nya sudah saya bahas, sekarang kita bahas hal lain yang membuat Part 4 ini masih layak dan bagus untuk ditonton, yakni karakter antagonis utama di Part 4 ini yang bernama Kira Yoshikage. Kalau di Part 1 dan Part 3 karakter anyagonis ikoniknya adalah KONO DIO BRANDO, sedangkan di Part 4 ini adalah Kira. Hal yang membuat Kira sangat ikonik adalah filosofi hidupnya, yakni “Kira hanya ingin hidup dengan damai dan tenang.”

Nilai Plot : 8.5


B. Grafis dan Animasi






Tidak banyak yang dapat dikomentari dari grafis dan animasinya, karena kurang lebih masih sama seperti yang ada di Part 3. Hal yang membuat beda adalah desain karakternya yang tidak sama seperti di Part 3. Namun hal ini tidak menhilangkan ciri khas dari desain karakter JoJo itu sendiri.

Nilai Grafis dan Animasi : 9.0


C. Casts

Higashikata Jousuke & Crazy Diamond STAND


Higashikata Jousuke adalah karakter utama dalam Part 4 ini. Jousuke adalah anak tidak sah dari Joseph Joestar. Jousuke memiliki STAND yang bernama Crazy Diamond. Kemampuan khusus Crazy Diamond adalah menyembuhkan segala macam kerusakan ataupun luka baik itu benda mati maupun mahkluk hidup ke bentuk semula. Hal yang paling dibenci Jousuke adalah ketika orang mengejek gaya rambut yang dimilikinya. Tidak segan-segan orang tersebut akan langsung dihajarnya tanpa ampun.


Joutarou Kuujou & Star Platinum STAND


Joutarou di Part 4 ini berprofesi sebagai seorang ahli biologi angkatan laut. Setelah mengalahkan DIO di Part 3, Joutarou memiliki kemampuan THE WORLD DIO, yakni kemampuan untuk menghentikan waktu hingga 2 detik dengan STAND miliknya yaitu Star Platinum.


Hirose Koichi & Echoes STAND


Koichi adalah murid seangkatan dan teman baik dari Jousuke. Pada awalnya Koichi hanya manusia biasa. Ketika Koichi tertembak anak panah yang dapat membuat orang tepilih memiliki STAND, kekuatan STAND pun bangkit di dalam diri Koichi. STAND Echoes miliki Koichi memiliki 3 bentuk. Bentuk terakhir adalah Echoes Act 3 yang memiliki kemampuan gravitasi. Apabila terkena pukulan Echoes Act 3, maka orang itu akan tertarik gravitasi yang berkali-kali lipat kuatnya berdasarkan jarak Koichi dengan orang yang terkena pukulan Echoes.


Nijimura Okuyasu & The Hand STAND


Nijimura Okuyasu pada awalnya adalah musuh dari Jousuke. Okuyasu pernah diselamatkan oleh Jousuke karena hampir terbunuh oleh abangnya sendiri. Setelah diselamatkan oleh Jousuke, Okuyasu menjadi teman akrab Jousuke dan Koichi. STAND yang dimiliki Okuyasu bernama The Hand. Kemampuan khusus STAND The Hand adalah menghapus segala macam benda, dimensi, atau apapun yang disentuh oleh tangan kanan The Hand.

 

Kishibe Rohan & Heaven’s Door STAND


Sugimoto Reimi adalah roh gentayangan. Reimi merupakan korban yang dibunuh oleh Kira Yoshikage. Reimi memberitahukan informasi mengenai pembunuhan yang dilakukan oleh Kira kepada Koichi dan Rohan. Kalau tidak ada Reimi, maka Kira Yoshikage tidak akan pernah ditemukan. Reimi merupakan teman masa kecil Rohan.


Yamagishi Yukako & Love Deluxe STAND

Yamagishi Yukako adalah murid SMA seangkatan Jousuke dkk. Yukako jatuh cinta dengan Koichi. Pada awalnya Yukako memiliki sifat yang sadis seperti gadis yandere (LoL) namun tersadar setelah dikalahkan oleh Koichi. STAND Yukako bernama Love Deluxe yang mana merupakan rambutnya sendiri. Yukako dapat memanipulasi rambutnya dengan bebas baik untuk menyerang maupun menangkap musuhnya.


Kira Yoshikage & Killer Queen STAND


Kira Yoshikage adalah karakter antagonis utama dalam Part 4 ini. Kira memiliki prinsip hidup damai dan tenang. Namun semua itu berubah karena Kira memiliki hobi yang sangat berbahaya, yakni dia suka membunuh gadis muda yang dianggapnya menawan. Setelah membunuh gadis tersebut, Kira akan memotong tangan kanan gadis tersebut untuk dijadikan “pacarnya” (fetishnya gak bener ini cuk). STAND Kira bernama Killer Queen. Pada awalnya Killer Queen hanya memiliki 2 kemampuan khusus, namun karena Kira tertusuk oleh panah STAND, kemampuan Killer Queen bertambah satu lagi menjadi 3 kemampuan khusus. Kemampuan pertama adalah, benda atau mahkluk hidup apapun yang disentuh oleh Killer Queen akan menjadi bom, kemampuan kedua Killer Queen adalah dapat melepaskan bom remote kontrol dari sarung tangannya yang dapat mengejar kemanapun korbannya pergi, lalu kemampuan ketiganya adalah kemampuan yang dapat mengembalikan waktu satu jam lebih awal dari sebelumnya.


Higashikata Tomoko

Tomoko adalah Milf dalam Part 4 ibu kandung dari Jousuke dan juga merupakan istri tidak sah dari Joseph Joestar.


Joseph Joestar

Joseph Joestar adalah ayah kandung dan tidak sah dari Jousuke. Tidak seperti di Part 3, dimana Joseph masih gagah, perkasa, dan kuat. Di Part 4 kali ini, dengan umur yang sudah bertambah dan memiliki riwayat penyakit, Joseph terlihat seperti orang paruh baya pada umumnya. Joseph sudah tidak dapat bertarung seperti dulu lagi. Namun Joseph masih memiliki kemampuan STAND, yakni Hermit Purple.


D. Kesimpulan

WAJIB NONTON! KALAU GAK NONTON RUGI BRO!

JoJo’s Bizarre Adventure Part 4: Diamond is Unbreakable adalah sekuel langsung yang menarik dan bagus. Walaupun kualitas ceritanya sedikit menurun dibandingkan dengan Part 3-nya, tetapi masih sangat bagus untuk ditonton. Karakter utama baru dalam Part 4 menjadi angin segar yang cukup mengena, yakni Jousuke memiliki kepribadian baik dan suka menolong tidak seperti Joutarou di Part 3 yang memiliki kepribadian edgy dan cenderung arogan. Hal cukup cerdik disini dimana pengarang JoJo (Hirohiko Araki) sangat mahir dalam membuat perkembangan karakter yang detail dan menarik. Terutama perkembangan karakter dari Kira Yoshikage yang sangat ikonik.

Nilai Final : 8.75

Post a Comment for "JoJo no Kimyou na Bouken Part 4: Diamond wa Kudakenai Review"